Brokoli. (BP/www.tokopedia.com)
DENPASAR, BALIPOST.com – Sebuah studi terbaru mengungkap manfaat lain yang hebat dari sayuran brokoli dan kembang kol. Tak hanya menyehatkan untuk tubuh, kedua jenis sayuran ini juga mengandung senyawa yang efektif melawan melanoma atau dikenal sebagai kanker kulit.

Senyawa alami tersebut bernama isothiocyanates, demikian para ilmuwan menyebut. Ilmuwan melihat bahwa obat yang mengandung senyawa itu mampu menghambat tumbuhnya sel melanoma.

Baca juga:  Tambahan Harian COVID-19 Nasional Masih di Atas 3.000 Kasus, Bali Masih 5 Besar

Studi itu dilakukan pada sel melanoma manusia serta tikus. Walau hasil dari dua jenis sel melanoma itu berbeda, akan tetapi efektifitasnya dalam melawan sel kanker kulit sama-sama baik.

Pada tikus, obat yang mengandung isothiocyanates bisa menghambat sampai 69 persen pertumbuhan kanker. Sedangkan pada manusia, hampir 90 persen mampu membunuh sel kanker.

Keuntungan lain adalah, obat alami itu tidak membahayakan sel lain yang sehat. Ia juga mudah didetoksifikasi dari dalam tubuh.

Baca juga:  Menkes Temukan Dugaan Kasus Gagal Ginjal Baru Kemungkinan Terindikasi Campak

Peneliti menduga bahwa isothiocyanates bekerja menghambat proses pembelahan serta tumbuhnya sel kanker. Akan tetapi para ilmuwan tidak mau secara gamblang menyebut bahwa makan brokoli dan kembang kol saja cukup untuk mencegah kanker kulit. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *