Ilustrasi. (BP/Istimewa)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tidur merupakan salah satu kegiatan penting bagi tubuh. Saat tidur, tubuh dapat beristirahat sekaligus mengumpulkan energi untuk aktivitas berikutnya. Jika kualitas tidur kurang baik, maka tubuh akan mengalami beberapa keluhan.

Berikut ini 4 penyebab badan lemas saat bangun tidur, dikutip dari klikdokter.com :

1. Kurang olahraga

Sebuah studi menyatakan bahwa olahraga secara teratur, sebanyak 3-4 kali seminggu, dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menenangkan diri, meredakan stres, dan membangkitkan suasana hati yang positif.

Baca juga:  Dari Puncak Kunjungan Wisatawan ke Bali hingga Korban Jiwa COVID-19 Bali Bertambah

Alhasil, Anda dapat tidur lebih lelap dan tenang. Sebaliknya, kalau Anda kurang berolahraga, kualitas tidur akan memburuk.

2. Terlalu banyak menggunakan gawai di malam hari

Kebiasaan menggunakan gawai sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Anda akan lupa waktu bila sudah bersentuhan dengan gawai, sehingga tidur pun semakin malam bahkan mungkin menjelang dini hari.

Bunyi gawai di malam hari, saat ada notifikasi dari media sosial, juga cukup menggangu tidur. Karena itu, Anda sebaiknya mengatur gawai menjadi nonaktif atau mode silent. Alangkah baiknya bila kebiasaan menggunakan gawai sebelum tidur diganti dengan membaca buku, mendengarkan mudik klasik, atau mandi air hangat.

Baca juga:  Kualitas Tidur Pengaruhi Kondisi Kesehatan, Simak Saran Dokter

3. Terlalu banyak minum kafein

Anda tentu tahu bahwa kafein berkhasiat menghilangkan kantuk. Jadi bila terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh, tidur Anda di malam hari dapat terganggu.

4. Banyak pikiran

Buanglah semua pikiran tentang masalah pekerjaan, keuangan, keluarga, rencana masa depan, dan sebagainya. Semakin banyak pikiran, otak akan merasa lelah sehingga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Dengan istirahat yang cukup dan pikiran yang jernih, segala masalah dapat diselesaikan dengan baik. (Goes Arya/balipost)

Baca juga:  Hari Ini, Kasus COVID-19 Bali Naik di Atas 300 Orang
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *