Warga mencairkan bantuan non tunai melalui E-Warong. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kementerian Sosial mulai menyalurkan bantuan sosial non tunai. Bantuan ini khusus diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Penyalurannya dilakukan melalui program E-Warong.

Guna memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta memantau langsung di salah satu E-Warong di Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, Rabu (13/5). Bupati Suwirta sempat berdiskusi dengan pemilik warung yang melayani E-Warong.

E-Warong milik Pantini ini merupakan salah satu warung yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial untuk bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara dalam menyalurkan bantuan sosial. Dengan sistem ini, setiap bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai menggunakan sistem perbankan.

Suwirta menjelaskan, di Klungkung terdapat 12 E-Warong. Di masing-masing kecamatan terdapat tiga E-Warong. Kepala Keluarga yang telah terdata sebelumnya akan mendapatkan kartu sejenis ATM dengan nilai uang di dalammnya sebesar Rp 200 ribu per bulannya untuk masing-masing KK.

Baca juga:  Salurkan Bansos Nontunai, Gianyar Siapkan 10 E-Warong

Kartu inilah yang dipergunakan sebagai alat pembayaran saat pembelian sembako di warung. Sembako yang bisa dibeli diantaranya beras, telur dan kacang-kacangan. “Saya menyarankan supaya mempergunakan produk-produk lokal dalam penjualannya. Ke depannya, beras supaya menggunakan beras lokal hasil para petani lokal bekerjasama dengan KUD,” tegas Bupati Suwirta kepada pemilik E-Warong. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.