Nelayan di Karangasem memperbaiki jaring untuk mengisi waktu luang karena tak melaut akibat gelombang tinggi. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sejumlah nelayan di Kelurahan Subagan tidak dapat melaut sejak beberapa hari terakhir. Penyebabnya, gelombang laut sedang tinggi. Nelayan pun kini memilih memperbaiki jaring dan perahu penangkap ikan untuk mengisi waktu luang.

Nelayan setempat, I Gede Nawa mengatakan, dirinya sudah tidak melaut sejak sepekan lalu akibat gelombang tinggi. Dia sama sekali tidak berani melaut karena ketinggian gelombang bisa mencapai 5 meter. “Selain saya, banyak nelayan tak melaut di tengah kondisi ini,”‘ucapnya.

Lantaran tak melaut, maka perahu yang sehari-hari dipergunakan mencari ikan terpaksa ditempatkan di pinggir pantai sembari menunggu gelombang surut. “Gelombang tinggi sudah berlangsung sejak sepekan. Nelayan memilih tak melaut demi keselamatan. Seemoga gelombang cepat normal, sehingga saya dan nelayan lainnya bisa kembali melaut,” harapnya.

Baca juga:  Angin Kencang di Perairan Selatan Bali, Nelayan Tak Melaut

Nelayan lainnya, I Gusti Catur menjelaskan, untuk mengisi waktu luang akibat tidak melaut, dirinya melakukan perbaikan alat melaut seperti jaring dan perahu. “Saya memilih untuk memperbaiki alat melaut. Kalau nelayan yang lainnya kini nganggur sambil menunggu gelombang kembali normal,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.