Duta Badung saat tampil di Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puluhan sekaa teruna (ST) di kabupaten Badung kabarnya mempertanyakan pencairan dana pembinaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2020. Pasalnya, mereka telah melakukan persiapkan tampil di perhelatan tersebut, meski dibatalkan.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Badung I Gde Eka Sudarwitha, saat dikonfirmasi, Senin (4/5), membenarkan puluhan sekaa teruna di Badung meminta pencairan dana persiapan PKB tersebut. Menurutnya, sekaa teruna sudah mengeluarkan dana untuk latihan termasuk konsumsi untuk tampil di PKB tahun 2020 ini. “Iya, beberapa sekaa minta dana pengganti. Mereka kan sudah mempersiapkan pagelaran jauh-jauh hari,” ujarnya.

Baca juga:  Dari Diduga Situs Zaman Kerajaan hingga Oknum ASN dan Pacarnya Diringkus

Dikatakan, pembatalan PKB tahun ini dikarenakan adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Pulau Dewata. Bahkan, pembatalan PKB ini secara resmi dilakukan setelah Gubernur Koster menandatangani surat nomor 430/3287/Sekret/DISBUD.

“Surat bersifat sangat penting dan ditujukan kepada Bupati dan Wali Kota se-Bali itu mengenai pemberitahuan penyelenggaraan PKB tahun 2020 yang ditiadakan. Kami belum bisa berikan sepenuhnya. Memang kita anggarkan, namun semua itu kan sampai saat pementasan,” katanya.

Baca juga:  Gubernur Koster Resmi Memulai Pematangan Lahan Kawasan PKB

Kendati demikian, pihaknya mengaku sudah melaporakan ke pimpinan dalam hal ini Bupati Badung Nyoman Giri Prasta. Ditambahkannya, anggaran tersebut akan dikembalikan berupa dana konsumsi yang telah dikeluarkan. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *