Ratusan ABK menjalani screening COVID-19 di Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rabu (1/4). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gelombang kepulangan anak buah kapal (ABK) asal Bali yang bekerja di kapal pesiar terus terjadi. Pada Rabu (1/4), ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) dari Spanyol yang tiba di Bali lewat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Menurut Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali, Elfi Amir, terdapat 291 ABK dari Carnival Group yang tiba. Pesawat yang ditumpangi dari maskapai penerbangan Air Wamos EB9421. Mereka bertolak dari Madrid, Spanyol.

Kedatangan ratusan ABK ini sekitar Pukul 11.05 WITA. Pesawat mendarat dan parkir, kemudian penumpanng diminta memasuki area kedatangan Internasional.

Sesuai protap, mereka harus melewati screening COVID-19. Terlebih, Spanyol merupakan salah satu dari 10 negara endemi yang termasuk dalam daftar Kementerian Luar Negeri RI. Sepuluh negara itu adalah Tiongkok Daratan, Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, Inggris, Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do di Korea Selatan.

Baca juga:  Ekskavasi Kerangka Manusia Purba Digelar di Pantai Karangsewu

“Para penumpang (ABK) sudah mulai melewati pemeriksaan Bea Cukai dan keluar menuju Zona Penjemputan sekitar pukul 13.15 WITA,” ungkapnya.

Ia mengatakan apabila dari proses wawancara penumpang memiliki riwayat dari 10 negara endemic (yang dikeluarkan kemenlu) dan atau suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, penumpang akan diperiksa lebih lanjut di ruang karantina KKP.

Sebelumnya, sudah tiba juga 316 ABK dari kapal pesiar Kapal Pesiar MSC Splendida yang berangkat dari Italia pada Senin (30/3). Juga ada seratus ABK dari Amerika Serikat yang pulang pada Selasa (31/3) malam. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN