MANGUPURA, BALIPOST.com – Penyemprotan disinfektan di Kabupaten Badung guna mencegah penyebaran Covid19 tidak hanya di area publik. Pemerintah setempat melalui Dinas Kesehatan (Diskes) juga mendistribusikan cairan kimia tersebut ke seluruh desa di enam kecamatan.

Kadis Kesehatan Badung, dr. Nyoman Gunarta, mengatakan mengatakan setiap desa mendapatkan jatah 1,5 liter. “Kami bagi 1,5 liter pada masing-masing desa. Nantinya petugas di desa bisa mengencerkan menjadi 150 liter disinfektan untuk desinfeksi di Bale Agung,” ujar dr. Gunarta, Sabtu (21/3).

Selain mendistribusikan disinfektan ke desa-desa, pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk membuat disifektan secara mandiri. Upaya ini guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19. “Kami masih berusaha pesan disifektan, karena susah cari barang. Kalau untuk rumah sendiri, kami himbau masyarakat pakai Bayclin diencerkan dengan air 1 berbanding 20,” jelasnya.

Baca juga:  Pasar Tradisional di Tabanan Hanya Buka Tiga Jam, Ini Jadwalnya

Terkait penyediaan hand sanitizer di area publik, mantan Dirut RSD Mangusada ini mengatakan tengah diupayakan, karena kelangkaan barang. (Parwata/balipost)