Suasana di Terminal Mengwi, Badung, Kamis (19/3). (BP/par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pascamerebaknya virus Corona, Terminal Tipe A Mengwi, Badung, tampak lengang. Kondisi pada Kamis (19/3) tersebut berbeda dibanding hari-hari sebelum ditemukannya Covid-19 di Bali yang mana penumpang cukup ramai memanfaatkan transportasi publik.

Kepala Terminal Mengwi, Cok. Agung Suarmaya, membenarkan terjadi tren penurunan penumpang dan bus yang tiba maupun berangkat dari terminal dibandingkat saat situasi normal. “Ada penurunan dari hari-hari sebelumnya. Penyusutan terjadi secara keseluruhan, baik itu jumlah penumpang yang datang maupun keluar,” ujarnya.

Menurutnya, penurunan jumlah penumpang tercermin dari perusahaan otobus (PO) yang menyiapkan dua armada untuk keberangkatan menuju kota-kota besar di Pulau Jawa. Karena kondisi seperti sekarang, bus dikurangi menjadi satu saja dalam sehari.

Baca juga:  Jelang Akhir Tahun, Okupansi Homestay di Ubud Turun

Begitu juga sebaliknya yang dari luar ke Bali melalui Terminal Mengwi, yang biasanya dua bus disiapkan kini hanya satu. “Kami tidak tahu sampai kapan akan seperti ini. Namun, yang jelas karena Terminal Mengwi merupakan areal publik, pelayanan tetap kami utamakan,” tegas Suarmaya.

Pencegahan penyebaran virus Corona di Bali tidak hanya dilakukan di pintu masuk utama Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pengawasan serupa juga diterapkan di Terminal Tipe A Mengwi. Upaya ini guna memastikan penumpang yang datang ke Pulau Dewata melalui jalur darat aman dari Covid-19. Pengawasan terhadap lalu lalalang penumpang di Terminal Mengwi dilakukan sejak Minggu (15/3) lalu.(Parwata/balipost)