Petugas di Pelabuhan Benoa memantau penumpang kapal pesiar yang tiba dengan thermo scanner. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan Provinsi Bali menyatakan hasil dari pemeriksaan kru dan penumpang di kapal pesiar Viking Sun tidak terdeteksi COVID-19. Ia mengatakan pemeriksaan dilakukan selama 2-3 jam pada seluruh awak dan penumpang.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, MPPM, Minggu (8/3). “Hasilnya clear. Tidak ada terdeteksi penumpang yang terindikasi COVID-19,” katanya.

Ia mengutarakan jika ada indikasi COVID-19, akan dilakukan pemeriksaan laboratorium yang hasilnya keluar setelah dua hari.

Sebelumnya, KSOP (Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan) Pelabuhan Benoa menunda kedatangan kapal cruise yang rencananya berlabuh Minggu (8/3).

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan rencananya kapal tersebut bersandar selama 2 malam. Penumpang kapal tersebut akan diperiksa kesehatannya. “Setalah diclearkan baru boleh masuk,” ungkap Koster Jumat (6/3).

Baca juga:  1 Kasus Positif Difteri, Bali akan Berstatus KLB Difteri

Kapal akan diperbolehkan masuk jika sudah mendapat kepastian terkait kesehatan penumpangnya.

CEO Pelindo III Wayan Eka Saputra mengatakan, Viking Sun datang dari Surabaya menuju Lembar, NTB. Kapal berbendera Norwegia itu membawa 848 penumpang dengan 460 kru kapal. (Citta Maya/balipost)