Kepala Dinas Kesehatan Bali dr. Ketut Suarjaya. (BP/san)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dua pasien yang diduga terjangkit virus Corona dan dirawat di RSUP Sanglah sudah keluar hasil laboratoriumnya, Sabty (25/1). Menurur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM., kedua wisatawan lain juga negatif Corona.

“Nggih (iya, red), barusan ke luar hasilnya negative semua,” ujarnya.

Ketiga wisatawan asing yang dicurigai terinfeksi corona ternyata semuanya negatif. Sebelumnya, hasil laboratorium wisatawan asal Meksiko telah lebih dulu keluar. Bahkan pasien itu pun sudah diperbolehkan pulang.

Baca juga:  Hasil Survei, Ini 3 Besar Menteri Berkinerja Terbaik

Belum Jelas Penularannya

Terkait penyakit yang mewabah di Wuhan, China ini, Direktur RS Bali Mandara Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Bagus Darmayasa mengatakan, coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS.

Untuk 2019-nCoV masih belum jelas penularannya. Tapi diduga dari hewan ke manusia karena kasus yang muncul di Wuhan semua memiliki riwayat kontak dengan pasar hewan Huawan.

Baca juga:  Hotel Nandini Cabut Gugatan Terhadap Pemilik Kandang Babi

Lanjutnya, gejala Novel Corona Virus (2019 –nCoV) adalah demam lebih dari 38 derajat celcius, batuk, sesak nafas yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. “Gejala ini diperberat jika penderita adalah usia lanjut dan mempunyai penyakit penyerta lainnya seperti penyakit paru obstruktif menahun atau penyakit jantung,” ujarnya.

Bila melakukan perjalanan ke China terutama Kota Wuhan, masyarakat diminta tetap waspada dan jangan panik, terapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), hindari kontak dengan hewan atau pasar hewan, hindari kontak langsung dengan orang sakit, gunakan masker dan terapkan etika batuk. (Citta Maya/balipost)

Baca juga:  Dari Hampir Seribu Warga Gianyar Tertular COVID-19 hingga Ini 5 Besar Penyumbang Terbanyak Kasus COVID-19 Harian
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *