Kepala Dinas Kesehatan Bali dr. Ketut Suarjaya. (BP/san)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dua pasien yang diduga terjangkit virus Corona dan dirawat di RSUP Sanglah sudah keluar hasil laboratoriumnya, Sabty (25/1). Menurur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM., kedua wisatawan lain juga negatif Corona.

“Nggih (iya, red), barusan ke luar hasilnya negative semua,” ujarnya.

Ketiga wisatawan asing yang dicurigai terinfeksi corona ternyata semuanya negatif. Sebelumnya, hasil laboratorium wisatawan asal Meksiko telah lebih dulu keluar. Bahkan pasien itu pun sudah diperbolehkan pulang.

Belum Jelas Penularannya

Terkait penyakit yang mewabah di Wuhan, China ini, Direktur RS Bali Mandara Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Bagus Darmayasa mengatakan, coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS.

Baca juga:  Debat Kedua Pilgub Bali Bahas Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat

Untuk 2019-nCoV masih belum jelas penularannya. Tapi diduga dari hewan ke manusia karena kasus yang muncul di Wuhan semua memiliki riwayat kontak dengan pasar hewan Huawan.

Lanjutnya, gejala Novel Corona Virus (2019 –nCoV) adalah demam lebih dari 38 derajat celcius, batuk, sesak nafas yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. “Gejala ini diperberat jika penderita adalah usia lanjut dan mempunyai penyakit penyerta lainnya seperti penyakit paru obstruktif menahun atau penyakit jantung,” ujarnya.

Bila melakukan perjalanan ke China terutama Kota Wuhan, masyarakat diminta tetap waspada dan jangan panik, terapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), hindari kontak dengan hewan atau pasar hewan, hindari kontak langsung dengan orang sakit, gunakan masker dan terapkan etika batuk. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.