GIANYAR, BALIPOST.com – Ida Pedanda Nyoman Temuku yang merupakan penemu Wariga Belog, telah lebar di RSUP Sanglah, Denpasar, Selasa (17/12) malam. Sebelum meninggal dunia, sulinggih 72 tahun ini diketahui mengalami sesak napas akibat penyempitan jantung.

Almarhum sempat dilarikan ke Puskesmas Payangan lantas di rujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar. Hasil pantuan, suasana duka menghiasi kediaman almarhum di Griya Cebang Giri Kesuma, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Rabu (18/12).

Baca juga:  Ini, Jadwal Palebon Anggota DPRD Badung IB Sunarta

Kerabat dan sejumlah sulinggih silih berganti datang untuk melayat serta menyampaikan bela sungkawa. Putra almarhum, Ida Bagus Mayun, mengatakan almarhum memang mempunyai rekam medis menderita penyempitan jantung.

Akibat kondisi itu almarhum sudah pernah menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya. “Hari Selasa kira-kira pukul 19.00 Wita, beliau mengalami sesak napas,” ujarnya didampingi keponakan almarhum, Ida Bagus Palguna.

Ida Pedanda Nyoman Temuku lantas dilarikan ke Puskesmas Payangan untuk mendapatkan pertolongan pertama. Dari sana kemudian dirujuk ke RSUP Sanglah dengan ambulans. “Beliau menghembuskan napas terakhirnya di RS Sanglah sekitar pukul 21.00 wita,” terang Ida Bagus Mayun.

Baca juga:  Kumat, ODGJ Melompat dari Motor yang Melaju

Jenazah almarhum sudah ditempatkan di gedong kaja Griya Cebang Giri Kesuma, Desa Melinggih. Sementara kepastian upacara untuk almarhum masih menunggu keputusan rapat keluarga. “Belum ada keputusan, masih rapat semeton,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *