Kemarin, saya baca di sejumlah media, pemberantasan korupsi mendapat dukungan penuh dari banyak kalangan. Bahkan, usulan hukuman mati bagi koruptor diharapkan bisa diterapkan.

Harapan itu saya nilai wajar terlebih kini perilaku korup melibatkan pejabat–pejabat publik. Sejumlah kepala daerah yang terjerat korupsi kini masih banyak menghuni sel tahanan. Yang jelas, saya pribadi dan mungkin banyak warga negara mendukung jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak tersandera kepentingan politik dalam menindak koruptor.

Baca juga:  Penjadwalan Sekolah Sembahyang ke Besakih

Hal lain yang saya harapkan, perwakilan KPK yang kini ada di provinsi juga bertindak gencar. Jangan menunggu para koruptor melakukan kompromi dengan penegak hukum. Jika memungkinkan, kotak pos pengaduan publik untuk pemberantasan korupsi lebih gencar disosialisasikan.

Saya yakin ada banyak masyarakat yang tahu perilaku korup di daerahnya. Mudah-mudahan dengan adanya partisipasi masyarakat, pemberantasan korupsi lebih efektif. Jika memungkinkan, bansos-bansos yang dijadikan alat mengeruk keuntungan pribadi oleh kelompok fiktif dan politisi juga disidik. Jangan sampai ada dana bansos salah peruntukan.

Baca juga:  Medsos Berpengaruh pada Karier

I Kadek Sudara

Denpasar, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *