Siswa SMAN 5, Made Febri Ananda Pramana bersama ayahnya Gede Made Saskara Edi meluncurkan aplikasi Klikkampus.

DENPASAR, BALIPOST.com – Remaja milenial Bali ternyata banyak yang sukses menangkap peluang di era digital atau Revolusi Industri 4.0 dengan Internet of Things (IoT) dan Artificial Inteligence (AI) guna mempermudah hidup.

Made Febri Ananda Pramana, siswa kelas XI SMA Negeri 5 Denpasar sukses membuat dan meluncurkan aplikasi edukasi informasi soal kampus yang diberi nama “Klikkampus.” Hal ini dilakukan ketika dia sering ditugasi oleh ayahnya, I Gede Made Saskara Edi untuk mencari informasi program studi dan perguruan tinggi melalui internet, namun kesulitan menemukan informasi yang lengkap.

Febri dan ayahnya terinspirasi membuat aplikasi yang memuat data perguruan tinggi (PT) di Indonesia bagi lulusan SMA/SMK yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT). Ide Febri ini disambut oleh ayahnya dengan menyediakan fasilitas pendukung serta memberikan pendampingan untuk memperkaya kontennya.

Maklum sang ayah adalah mantan guru, kasek dan mantan pimpinan sebuah PT. Bahkan kini sebagai dosen di Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha.

Di samping itu ayahnya juga adalah seorang apoteker dan seorang Behavioral Analyst. Dengan dukungan dari ayahnya ini Made Febri Ananda Pramana membangun aplikasi yang diberi nama Klikkampus dengan motto “Mendampingi Anda Meraih Cita-Cita” dan dengan tagar #untuk persiapan kuliah, klik aja klikkampus”.

Ia menambahkan aplikasi Klikkampus versi pertama telah diluncurkan 2018 dengan 1.000 lebih pengguna. Di penghujung tahun 2019 ini Klikkampus kembali meluncurkan aplikasi versi baru yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru menunjang persiapan para siswa SMA/SMK dalam menghadapi UNBK dan tes saringan masuk ke PTN.

Adapun Fitur-fitur di aplikasi Klikkampus yang baru, di antaranya fitur pencarian program studi , PT seluruh Indonesia, fitur informasi beasiswa, fitur e-book, baik untuk buku sekolah maupun buku penunjang kuliah dan buku umum, fitur tryout baik tryout untuk UNBK, UTBK-SBMPTN, CPNS, TOEFL, dan TPA. Juga ada fitur Psikotes untuk mencocokkan bidang studi/karir dengan tipe kepribadian siswa agar nantinya siswa yang akan melanjutkan kuliah tidak salah dalam memilih program studi.

Saskara Edi berharap Klikkampus ini dapat menjadi one stop solution bagi siswa SMA/SMK/sederajat dalam rangka menyiapkan diri untuk melangkah menuju perguruan tinggi. Untuk itu Founder Klikkampus, Febri, mengajak seluruh teman-teman para siswa SMA/SMK memasang aplikasi KlikKampus ciptaannya di HP androidnya sekarang. “Semuanya gratis,” tegas Febri.

Febri juga mengajak pimpinan perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk bergabung bersama Klikkampus dalam rangka memperluas jangkauan penyebaran informasi seputar institusinya. Program ini mendukung Kemendikbud yaitu memanfaatkan teknologi meningkatkan akses siswa kepada materi-materi pelajaran dan informasi-informasi lain yang terkait dengan pendidikan. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.