Salah satu regu SD yang mengikuti gerak jalan menempuh jarak 8 kilometer di Kota Negara. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan regu siswa SD dan MI di Jembrana mengikuti gerak jalan, Jumat (9/8). Gerak jalan menempuh jarak 8 kilometer ini menyusuri Kota Negara. Lomba gerak jalan ini diselenggarakan setiap tahun menjelang HUT Kemerdekaan RI. Peserta yang masih anak-anak sangat antusias meskipun sebelumnya melalui proses berlatih kurang lebih sebulan.

“Bukan sekadar rutinitas menjelang HUT Kemerdekaan RI, tapi di balik itu untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme sekaligus disiplin bagi siswa SD seperti yang dicontohkan oleh para pejuang kita di masa perjuangan,” ujar Bupati Jembrana I Putu Artha di sela-sela gerak jalan.

Anak-anak SD yang nantinya menjadi penerus bangsa ini sejak dini dipupuk rasa nasionalisme. Bupati Artha salut pada upaya yang dilakukan para siswa termasuk guru yang sudah berlatih keras selama kurang sebulan.

Baca juga:  Pertamakali, Gerak Jalan 45 Kilo Start di Celukan Bawang

Kegiatan melibatkan 92 regu (46 regu putra dan 46 regu putri). Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak 90 regu. Sejumlah peserta mengaku grogi, seperti diucapkan Ni Putu Ayu Novi Aulia, siswa kelas 6 SDN 5 Tegalcangkring. “Dua minggu latihan rutin tetap merasa grogi,” tuturnya seraya mengaku optimis bisa menjadi juara.

Rute yang dilintasi sepanjang 8 km di seputaran Kota Negara. Start di depan Kantor Bupati Jembrana, peserta menuju Jalan Surapati, Jalan Sudirman, perempatan Batu Agung, Jalan Ngurah Rai, Jalan Gunung Agung, Jalan Katulampa, Jalan Mangga, Jalan Danau Buyan, Patung Jam dan Jalan Sutomo, Tugu Pan Balang Tamak, Jalan Wijaya Kusuma (RSUD Negara), Jalan Ratna, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, dan finis kembali di depan Kantor Bupati. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.