LOS ANGELES, BALIPOST.com – Pelaksanaan Pemilu serentak menarik perhatian Livi Zheng, sutradara Indonesia di Amerika Serikat. Perempuan yang sejak Januari 2019, juga dikontrak oleh Walt Disney Pictures, ini pun memfilmkan penghitungan suara di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (17/4) waktu setempat.

Menurut Metta Surya, Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Los Angeles, penghitungan suara di KJRI Los Angeles bersifat terbuka untuk umum. “Penghitungan suara ini berdasarkan surat suara yang masuk. Surat suara yang masuk ada dua macam, yaitu surat suara yang masuk melalui pos dan surat suara yang ditusuk di lokasi KJRI ini pada 13 April. Surat suara yang by mail, kita sudah kirim sejak 13 Maret lalu dan akan kita terima sampai hari ini hari terakhir pada 17 April. Karena hari ini hari penghitungan suara serentak di Indonesia dan di dunia,” jelasnya.

Livi pun mengaku tertarik memfilmkan penghitungan suara dalam Pemilu kali ini karena cukup bersejarah. Indonesia secara serentak mengadakan pemilihan presiden dan wakil rakyat.

Terlebih banyak juga warga Indonesia di Los Angeles yang hadir. “Jadi, banyak warga Indonesia di Los Angeles yang menghadiri penghitungan. Biasanya, penghitungan suara memakan waktu berjam-jam, tetapi ini tidak terasa karena disediakan makanan dan minuman yang enak, mulai dari sate sampai minuman sekoteng,” ujar Livi Zheng.

Baca juga:  Dua Pekan, Ratusan Film Eropa Diputar Gratis di Denpasar

Konsul Jenderal KJRI Los Angeles, Saud Purwanto Krisnawan sangat senang karena Pemilu 2019 ini berjalan sangat lancar. Bukan hanya saat pencoblosan juga saat penghitungannya.

Bagi Konjen baru, partisipasi warga Indonesia di LA, dan kemeriahan selama pesta demokrasi itu tentu sangat mengesankannya. “Kita membuat bazaar karena ini merupakan pesta demokrasi kita harapkan masyarakat senang. Ada bazaar, ada musik. Selain itu Ibu-ibu Dharmawanita juga membuat Kids Corner,” kata Saud Purwanto Krisnawan.

Kids Corner merupakan ide yang sangat bagus karena warga LA yang hadir tetap dapat menyaksikan proses perhitungan sementara anak-anak yang dibawanya bisa dititipkan di sana. Saat proses pemungutan suara, diperkirakan masyarakat Indonesia yang hadir mencapai lebih dari seribuan orang.

PPLN Los Angeles sebelumnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPT LN) Pemilu 2019 sebanyak 12.984 pemilih, yang 12.382 orang di antaranya terdaftar dan melakukan pemilihan lewat pos. Adapun sisanya, melakukan pencoblosan langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan di KJRI Los Angeles.

Jumlah 12.984 pemilih di DPT LA, tercatat sebagai DPT terbesar di seluruh wilayah pemilihan Amerika Serikat. Wilayah kerja KJRI Los Angeles sendiri mencakup enam Negara Bagian di AS, yang meliputi Arizona, Utah, Nevada Selatan, California Selatan serta Daerah Kepulauan Pasifik. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.