DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster meminta masyarakat tetap menjaga situasi kondusif pascapelaksanaan Pemilu serentak, Rabu (17/4). Ia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Selain itu, Pemilu yang terdiri dari pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota juga telah berlangsung dengan nyaman, aman, dan damai serta lancar dan sukses. “Dari hasil pemantauan langsung maupun tidak langsung, melalui jajaran Partai serta lembaga lain memperlihatkan bahwa masyarakat berbondong-bondong dengan antusias dan bergembira datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” ujar Koster saat memberikan keterangan pers bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Jaya Sabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Kamis (18/4).

Koster menambahkan, hal ini telah sesuai dengan harapan dan imbauan gubernur bersama PHDI Bali dan MUDP, serta kepolisian dan berbagai lembaga lainnya. Pihaknya pun optimis, target partisipasi yang dipasang KPU Bali sebesar 80 persen dapat tercapai.

Kepada penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu beserta jajaran serta Kapolda Bali, Pangdam IX Udayana dan Danrem, Ketua DPD PDIP Bali ini mengucapkan terima kasih karena sudah melaksanakan tugas dengan baik. Begitu juga kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi mendukung penyelenggaraan pemilu serentak di Bali. “Secara khusus, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Krama Bali yang telah menggunakan hak pilihnya datang ke TPS,” imbuhnya.

Baca juga:  Wapres: Berkumpulnya Para Mantan Presiden Jaga Persatuan

Terhadap hasil hitung cepat, lanjut Koster, berbagai lembaga survei telah menunjukkan indikasi kemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebesar 53-55 persen. Di Bali khususnya, persentase kemenangan bahkan mencapai di kisaran 90 persen.

Ini, nilainya, termasuk indikasi kemenangan untuk PDIP secara nasional dan khususnya di Bali. Menurutnya, hasil ini mesti disikapi dengan rasa syukur dan bahagia.

Tidak perlu ada pesta kemenangan. Namun, tetap menjaga situasi dan kondisi di Bali agar tetap kondusif, memelihara persatuan dan kesatuan, dan menghormati semua pihak. “Termasuk (menghormati, red) Tim Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno di Bali, dengan tidak memancing atau terpancing dari pihak manapun juga sebagai bentuk komitmen bersama nindihin Gumi Bali,” jelasnya.

Selanjutnya, Koster mengajak semua pihak menunggu hasil resmi penghitungan dari KPU. Proses dan tahapan penghitungan suara oleh KPU agar dikawal dengan penuh kesabaran dan berlapang dada. (Rindra Devita/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.