DENPASAR, BALIPOST.com – Siapa bilang ibu rumah tangga (IRT) tak bisa memiliki penghasilan sendiri? Bisa, kok! Tak perlu bekerja dari luar rumah, mereka bisa menghasilkannya dari rumah dengan modal yang minim pula.

Hanya dengan modal Rp 3 juta, ada banyak ide bisnis yang bisa mereka jalankan. Omzetnya pun cukup lumayan, lho! Apa saja ide bisnisnya? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Bisnis Baju Online

Bisnis untuk ibu rumah tangga pertama yang bisa coba kamu jalankan adalah bisnis baju online. Bisnis yang satu ini bisa dibilang bisnis sejuta umat karena banyak orang yang mencoba peruntungan di bidang ini.

Namun, meski banyak bukan berarti kamu tak punya peluang untuk maju di bisnis ini. Sebab, ada banyak orang di sekitarmu yang butuh pakaian baru untuk berbagai kegiatan meski tidak setiap hari. Kamu bisa mulai dari orang di sekitarmu lalu lebarkan lagi sayapnya.

Hanya saja, kamu harus berhati-hati dengan pesaing bisnis yang memiliki usaha sama denganmu.

2. Toko Kelontong

Bisnis lain yang bisa dilakukan ibu rumah tangga dengan modal yang sedikit adalah toko kelontong. Bisnis ini juga bisa dibilang bisnis sejuta umat karena cukup banyak yang melakukannya.

Kamu bisa mulai bisnis ini dengan beli etalase dan bahan-bahan kebutuhan rumah tangga yang sering dibutuhkan ibu-ibu di sekitar kompleks rumah.

3. Jualan Sayur

Kamu punya rutinitas ke pasar setiap pagi atau sore. Nah, jika ya, tak ada salahnya kamu memanfaatkan rutinitas itu untuk usaha.

Kamu bisa beli banyak bahan sayuran dan jual kembali di rumah. Modal yang dibutuhkan bahkan tak sampai Rp 1 juta untuk ini.

Baca juga:  Nekat Mencuri, Ibu Rumah Tangga Diciduk Polisi

Peluangnya juga besar, apalagi bila ibu-ibu di kompleks suka berbelanja ke warung dibanding pasar.

4. Jastip

Suka traveling atau sekadar jalan-jalan ke mal? Daripada kamu menghamburkan uang untuk membeli hal tak guna, lebih baik kamu buka jasa titip untuk orang-orang di sekitarmu.

Kamu bisa menerima pesanan dari orang sekitar atau dari media sosial dan membeli barang itu. Keuntungannya, kamu ambil dari per buah benda yang dititip.

5. Camilan

Suka masak atau punya waktu banyak untuk mencoba berbagai macam masakan? Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka bisnis camilan.

Kamu bisa menyasar orang kantoran atau anak-anak yang ada di sekitar rumah dan buka cara kerja antar-jemput. Untuk modal bisnis yang satu ini, kamu hanya perlu menganggarkan dana sekitar Rp 500 ribu saja.

6. Jajanan pasar

Jajanan pasar juga dinikmati banyak orang, lho! Prospek bisnisnya juga menjanjikan karena makanan ini bisa dimakan di berbagai waktu termasuk untuk menjadi snack di berbagai acara kantor.

Bagi kamu yang punya banyak jaringan, bisa memanfaatkan ini untuk ide bisnis usaha. Untuk modal pun kamu juga tak butuh waktu banyak.

7. Katering

Sekali lagi, bagi kamu yang doyan masak dan masakanmu banyak yang suka, bisa bukan bisnis katering saja. Apalagi kalau kamu punya banyak link.

Menjalankan bisnis yang satu ini sangat mudah dilakukan. Untuk modal usaha, kamu hanya perlu sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta untuk memulainya.

Nah, ternyata ada banyak sekali ide bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal Rp 3 juta-an. Tanpa harus meninggalkan tugas dan anak-anak, kamu bisa mendatangkan uang dari rumah. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.