DENPASAR, BALIPOST.com – Kepala SMPN 4 Denpasar, Drs. Wayan Dania, M.Pd. mengatakan untuk bisa meningkatkan daya saing siswa secara global, peningkatan kualitas pembelajaran harus dilakukan. Terutama menumbuhkembangkan minat literasi baca siswa.

Sebab, melalui membaca berbagai pengetahuan akan bisa didapatkan, sehingga bisa menciptakan berbagai inovasi. Kendati demikian, di era digital seperti saat ini, minat baca siswa mengalami penurunan.

Hal ini disebabkan siswa lebih cenderung sibuk main game di gudget dibandingkan mencari referensi ilmu pengetahuan. “Dulu dengan sekarang minat baca siswa sedikit menurun karena adanya media elektronik yang sangat menggangu. Sebab, dalam HP ada berbagai jenis hiburan, tetapi juga sarana untuk mencari sumber ilmu, namun porsinya sangat kecil untuk mencari ilmu pengetahun. Memang HP itu penting, kalau digunakan salah akan menjadi bumerang. Di sekolah kami porsikan, anak-anak hanya boleh menggunakan HP saat istirahat untuk mencari referensi materi pembelajaran, saat di kelas kami tidak perbolehkan membawa HP,” tandas I Wayan Dania, Sabtu (30/3).

Oleh karena itu, untuk membangkitkan literasi minat baca siswa, dikatakan bermitra dengan media Bali Post merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut. Mengingat media Bali Post merupakan media tertua di Bali yang memiliki akses yang luas dan besar, baik di Bali maupun di Indonesia.

Baca juga:  Bangkitkan Budaya Literasi, Siswa Harus Diwajibkan Membaca

Sehingga, ide-ide, bakat dan prestasi yang ada di SMPN 4 Denpasar harus disebarluaskan ke publik melalui media Bali Post. Dengan harapan masyarakat luas mengetahui perkembangan SMPN 4 Denpasar.

Ketua OSIS SMPN 4 Denpasar, Ketut Ayu Pramesti Ari mengatakan dalam upaya mendukung HUT ke-40 SMPN 4 Denpasar dan Bali Post Goes to School (BPGTS) telah dilakukan berbagai jenis perlombaan, baik bersifat intern maupun ekstern sejak bulan Desember 2018 lalu. Diantaranya, Lomba Olimpiade IPA, Matematika, Nyurat dan Membaca Aksara Bali (ekstern) dan lomba membuat canang, melukis, main catur, membaca koran Bali Post, ketangkasan menangkap belut, lari karung, merias wajah dengan mata tertutup, serta lomba menyanyi lagu pop Bali yang melibatkan seluruh siswa SMPN 4 Denpasar pada 23 Maret.

Sementara, pada kegiatan Jalan Sehat ini juga digelar lomba gerak dan lagu Bali Post. Tidak hanya itu, service sepada motor murah juga diberikan yang bekerjasama dengan Astra Motor Bali. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.