Aqua Dwipayana. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Sehari setelah pencanangan zona integritas, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan memberikan motivasi kepada para napi dan pegawai Lapas. Hadir sebagai pembicara pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana, Selasa (5/3).

“Bagi pegawai, motivasi ini baik untuk membangkitkan semangat melayani warga binaan, sementara untuk warga binaan bertujuan mengembalikan rasa percaya diri dan mencegah stres akibat ruang gerak yang terbatas dalam menjalani masa tahanan, dan akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah kembali ke masyarakat,” ucap Kepala Kalapas IIb, I Putu Murdiana.

Dan dengan adanya kegiatan ini, lanjut kata Murdiana para warga binaan bisa lebih memiliki motivasi kedepan, bahwa tidak selamanya hukuman penjara itu berdampak buruk.  Menurutnya, ke depan bisa saja para warga binaan ini akan menjadi pribadi masyarakat yang lebih baik lagi.

Apalagi selama menjalani masa tahanan, banyak program pembinaan yang telah diberikan, untuk mengubah mindset bahwa suasana di lapas itu menyeramkan. “Minimal saat menjalani hukuman mereka tidak jenuh, dan sabar serta mengikuti beragam pembinaan yang diberikan. Dan ketika keluar bisa menjadi warga masyarakat yang lebih baik lagi,” terangnya.

Di hadapan ratusan warga binaan, pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana memberikan semangat agar warga binaan dapat memanfaatkan waktunya selama di Lapas untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena menurutnya warga binaan pemasyarakatan bukanlah penjahat namun mereka tersesat. “Dengan cara memuliakan mereka saya yakin kelak setelah masa tahanan mereka habis , mereka akan bisa berkarya untuk daerahnya dan khususnya untuk keluarga bahkan bisa berubah lebih baik lagi,” ucapnya.

Baca juga:  Narapidana Divonis Lima Tahun Penjara

Apalagi diakui Aqua Dwipayana, di Lapas Tabanan berbagai kegiatan kreativitas juga sudah dilakukan. Mulai dari band, membuat keterampilan, berkebun, dan juga memelihara ikan, sehingga banyak kegiatan positif ini dapat diaplikasikan kepada masyarakat ketika sudah selesai menjalani hukuman. “Dan kami harap ketika sudah di masyarakat, mereka ini akan menjadi mentor,” tegasnya.

Aqua Dwipayana dalam kesempatan itu juga memuji keadaan Lapas Tabanan yang bersih, serta para narapidana yang berjumlah 165 orang saat disapa selalu tersenyum dan nyambung dalam berinteraksi sehingga narapidana seluruhnya adalah orang yang berpotensi. “Dengan kondisi ini artinya pelayanan sudah diberikan dengan baik kepada pegawai, dan ini tentunya saya harapkan bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Dr. Agus Dwipayana yang juga mantan wartawan ini sering disebut sebagai motivator komunikasi. Bahkan dirinya selalu melakukan silaturahmi, ke siapa saja.

Momen silaturahmi selalu ia bagikan informasinya ke banyak orang. Dan penulis buku ‘The Power of Silaturahim : Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi’ ini disebut sebagai ‘ikon silaturahmi’. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.