garuda
Garuda Indonsia. (BP/dok)

TANGERANG, BALIPOST.com – Maskapai nasional Garuda Indonesia mengumumkan rencana pengoperasian rute penerbangan Solo-Madinah via Aceh yang akan mulai beroperasi pada 9 Januari 2019 mendatang. Penerbangan tersebut akan dilayani menggunakan armada Airbus A330 berkapasitas 362 penumpang (all economy class) satu kali seminggu.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengungkapkan, dibukanya rute penerbangan ini sejalan dengan peningkatan demand pasar umrah dari Solo dan sekitarnya. “Dioperasikannya rute Solo-Madinah ini kami harapkan dapat mengoptimalkan potensi pasar umrah tersebut,” katanya.

Pikri memaparkan, nantinya penerbangan Garuda rute Solo-Madinah akan transit di Aceh guna mengakomodasi kebutuhan jemaah yang akan berangkat dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh yang kemudian akan langsung melanjutkan penerbangan ke Madinah, Arab Saudi.

Pikri menambahkan, penerbangan Solo-Madinah ini nantinya diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para jamaah umrah yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya tanpa harus melakukan transit penerbangan di Jakarta maupun Surabaya. “Dengan jumlah jemaah umrah dari Solo dan sekitarnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kami optimistis dibukanya layanan penerbangan ini akan semakin memperkuat potensi pasar umrah dari wilayah Solo dan sekitarnya,” jelas Pikri.

Baca juga:  Ini, Menu Makanan Rombongan Raja Salman

Tercatat pada tahun 2018 lalu jumlah jemaah umrah dari Solo sekitar 25.000 orang. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan musim umrah tahun sebelumnya sekitar 19.000 orang

Dengan dibukanya layanan penerbangan Solo-Madinah tersebut, saat ini Garuda Indonesia telah melayani penerbangan tujuan Madinah dari 5 (lima) kota besar di Indonesia, antara lain dari Jakarta, Makassar, Medan dan Surabaya. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.