kuota
Rastra menumpuk di Gudang Bulog. (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Di Kabupaten Gianyar tercatat ada 17 Ribu lebih kepala keluarga penerima bantuan beras sejahtera (rastra). Selain rastra, Pemkab Gianyar juga menyalurkan bantuan 20 kursi roda. Seluruh bantuan ini pun rencananya akan digelontorkan pada bulan Juni 2018 mendatang.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gianyar Anak Agung Astina di ruang kerjanya, Kamis (3/5) mengatakan, dalam menjaring data warga miskin, Disos berpatokan terhadap dua sistem, jemput bola dan pengajuan proposal dari warga.

Agung Astina menerangkan, di Kabupaten Gianyar sejak Januari hingga April 2018, setiap bulannya, Disos menyalurkan 10 kg beras medium dengan gratis kepada 17.346 KK. Adapun wilayah terbanyak mendapat jatah rastra berasal dari Kecamatan Tampaksiring dengan total 3.154 KK, dan Kecamatan Blahbatuh paling minim dengan total 1.834 KK. ”Penyaluran berdasar Basis Data Terpadu,” ucap dia.

Baca juga:  Kasihan, Kakek dan Nenek Ini Tempati Rumah Berdinding Lapuk

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Penyandang Disabilitas Disos Kabupaten Gianyar I Made Sujana mengatakan, 20 kursi roda sudah disiapkan untuk disalurkan pada bulan Juni mendatang, usai hari raya Galungan dan Kuningan. Rata-rata penerima bantuan tersebut berasal dari lansia yang berkebutuhan khusus. Satu calon penerima bantuan sudah meninggal, akan digantikan dengan warga disabilitas lainnya. ”Bantuan ini berasal dari APBD,” ucap Sujana.

Sujana mengklaim akan terus berupaya keras memperjuangkan bantuan tersebut agar ke depannya, jatah anggaran bantuan disabilitas mendapat porsi lebih banyak lagi dalam APBD Gianyar. Sebab, warga berkebutuhan khusus sangat layak untuk diberi perhatian lebih. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.