Kayu manis. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kayu Manis kerap digunakan sebagai bahan tambahan di minuman hangat, seperti kopi atau teh. Wanginya yang khas akan memberikan tambahan rasa hangat saat kita menghirupnya.

Ya, kayu manis yang kerap dijadikan sebagai bumbu penyedap pada kue memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Sifat antioksidan kayu manis bahkan telah terkenal di seluruh dunia.

Sayangnya, Anda tidak bisa makan rempah-rempah ini secara langsung. Namun, membuatnya menjadi segelas air kayu manis bisa menjauhkan Anda dari banyak masalah kesehatan.

Berikut 5 manfaat minum air kayu manis bagi kesehatan :

1. Meningkatkan imunitas

Air kayu manis memiliki banyak antioksidan, seperti polifenol dan proanthocyanidins. Senyawa ini sangat bagus untuk mengikat radikal bebas yang ada di tubuh. Hal ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan dalam air kayu manis juga memiliki khasiat anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus yang melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan.

2. Mengurangi kram menstruasi

Air kayu manis bisa sangat membantu mengurangi nyeri kram menstruasi. Perempuan yang biasanya mengalami masa-masa menyakitkan ketika haid, bisa minum segelas air kayu manis untuk mengurangi rasa sakit. Hal ini karena kayu manis memiliki sifat analgesik dan anti-koagulasi yang sangat baik untuk mengendalikan aliran darah sehat dan secara efektif mencegah penggumpalan darah yang meningkatkan rasa sakit.

Baca juga:  Ini, 7 Manfaat Konsumsi Bawang Merah Mentah

3. Meredakan sakit gigi

Air kayu manis mengurangi sakit gigi Anda juga. Rempah menakjubkan ini memiliki khasiat anti-jamur yang secara efektif membantu mengeluarkan jamur dari gigi dan mengurangi rasa sakit.

4. Baik untuk kulit

Air kayu manis sangat bagus untuk kulit Anda. Rempah ini memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya halus dan sehat. Anda mungkin tidak tahu, tapi kayu manis juga merupakan sumber serat yang menakjubkan. Serat ini membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hal ini mencegah racun menutupi pori-pori kulit dan mencegah kulit menjadi semakin kusam.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Insulin adalah salah satu hormon terpenting dalam tubuh. Penting bagi pengangkutan gula darah dari aliran darah ke dalam sel. Kayu manis bisa sangat mengurangi resistensi insulin di tubuh kita. Selain itu, membantu hormon ini untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik. (Goes Arya/balipost)
Sumber : Okezone

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.