Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menggosok gigi dipercaya sebagai salah satu upaya membuat gigi bersih dan putih. Namun, tak sedikit orang yang sudah menggosok gigi, bahkan menggunakan pasta yang berpemutih, giginya tetap terlihat kuning.

Bisa disimpulkan, rajin menggosok gigi saja tidak cukup untuk membuat gigi terlihat putih cemerlang. Ada banyak kebiasaan sepele yang menyebabkan gigi Anda terlihat kuning, misalnya 3 hal berikut ini:

1. Mengonsumsi Buah Asam Secara Berlebihan

Apa yang Anda konsumsi ternyata bisa berdampak pada warna gigi Anda. Tidak hanya mengonsumsi kopi atau soda secara berlebihan, mengonsumsi buah-buahan asam seperti lemon, jeruk, nanas juga dapat menyebabkan gigi kuning. Konsumsilah buah-buahan itu dalam jumlah wajar dan minumlah air putih setelah makan buah asam ini.

Baca juga:  Ubah Rutinitas

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Hindari menyikat gigi terlalu keras meskipun hal itu mungkin terasa lebih bersih. Gigi yang disikat terlalu keras malah justru akan menyebabkan kuning. Apalagi jika pasta gigi Anda mengandung banyak deterjen. Selain itu, menyikat gigi terlalu keras juga akan membuat enamel gigi Anda rusak.

3. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Bagi banyak orang, obat kumur pasti menjadi andalan untuk mengusir bau mulut. Padahal menggunakan obat kumur terlalu sering juga akan memicu kerusakan lapisan enamel gigi yang kemudian membuat gigi Anda kuning. Hal itu akan makin parah ketika kamu menggunakan obat kumur yang mengandung zat asam. (Goes Arya/balipost)
Sumber : Tempo

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.