Teh. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tradisi minum teh dilakukan di Cina dan Inggris. Tak hanya dua negara itu, Jepang dan Korea, bahkan hingga Mesir Kuno juga memiliki tradisi minum teh.

Di Mesir Kuno, orang mengonsumsi teh ketumbar untuk membantu pencernaan, sedangkan orang Cina menggunakan teh tradisional untuk membantu fokus selama melakukan meditasi. Para periset juga sudah mulai fokus pada manfaat kesehatan dari mengonsumsi teh herbal.

Teh herbal biasa disebut tisane terbuat dari campuran akar, daun, bunga, rempah-rempah, dan juga kulit kayu. Pada umumnya, Timur Tengah dan Asia menggunakan teh herbal sebagai pengobatan alternatif.

Berikut sejumlah manfaat mengonsumsi teh herbal, dikutip dari Prevention :

1. Obat Berkualitas

Sifat beberapa teh herbal diyakini dapat membantu meredakan kondisi tertentu dan menjaga kesehatan dengan memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh. Chamomile telah digunakan secara medis selama ribuan tahun untuk membantu mengatasi masalah radang, pencernaan, dan juga masalah tidur. Teh dandelion, honeysuckle, dan licorice disebut dapat membantu membuang racun tubuh dan menjaga agar sistem tetap berfungsi dengan baik.

2. Melemaskan Otot

Jenis teh herbal yang terbuat dari peppermint berfungsi untuk membantu Anda merasa lebih tenang dan persendian Anda lebih nyaman. Mengonsumsi teh herbal sebelum tidur dapat membantu melepaskan ketegangan akibat dari kegelisahan dan stress yang merupakan bagian normal kehidupan sehari-hari. Peppermint juga dikenal untuk menenangkan perut Anda dan juga mengurangi ketidaknyamanan pencernaan.

Baca juga:  "Back to Nature" Makin Tren, Konsumsi Obat Herbal Tunjukkan Peningkatan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh herbal rooibos dapat membantu Anda dalam memerangi lemak perut yang membandel. Periset menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi rooibos mengalami penurunan lemak yang diyakini dengan senyawa aspalathin yang ditemukan pada teh. Menurut laporan, Anda harus mengonsumsi teh ini setidaknya enam cangkir sehari untuk melihat manfaatnya.

4. Menenangkan Masalah Perut

Wanita yang menderita morning sick atau siapa saja yang menderita mabuk laut bisa mencoba teh herbal yang terbuat dari jahe. Teh jahe biasanya digunakan untuk mengobati mual karena bekerja dengan memecah gas di saluran pencernaan. Teh ini juga dapat membantu Anda untuk menyembuhkan kembung akibat kelebihan gas yang diakibatkan makan berlebih.

5. Membantu Hidup Lebih Lama

Sebuah studi tahun 2016 dari Meksiko menemukan bahwa meminum teh herbal chamomile dapat memperpanjang umur Anda. Periset meneliti lebih dari 1.600 lansia dari tahun 2000 sampai 2007 dan menemukan bahwa di antara mereka terdapat penurunan risiko kematian sebesar 29% karena rutin mengonsumsi teh herbal ini. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.