Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak selamanya kebiasaan menyendiri adalah sesuatu yang negatif. Meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan memanjakan diri dan melakukan berbagai hal yang Anda suka, tanpa harus terganggu oleh orang-orang di sekitar Anda, juga bisa disebut dengan menyendiri.

Dikutip dari laman Psychology Today, kebiasaan seperti itu justru akan bermanfaat. Ini 4 alasannya :

1. Anda jadi lebih pintar

Meluangkan waktu untuk diri sendiri lebih dari sekadar “nonton maraton” serial TV terbaru. Banyak orang-orang dengan pribadi introver menghabiskan waktu me-time dengan membaca buku, artikel, atau mendengarkan podcast.

Semua kegiatan ini memberikan manfaat yang baik karena membuat otak terus aktif. Bahkan, banyak dari aktivitas menyendiri dikaitkan dengan pencegahan penyakit Alzheimer. Sekadar berbagi informasi, orang-orang sukses seperti Bill Gates, Warren Buffet, dan Oprah menyediakan waktu untuk menyendiri selama 5 jam dalam seminggu untuk belajar sesuatu yang baru.

Baca juga:  1,3 Ton Pisang Didonasikan ke Polda Metro Jaya

2. Kesehatan menjadi lebih baik

Waktu menyendiri dapat dimanfaatkan dengan melakukan berbagai aktivitas fisik maupun mental, seperti joging, yoga, meditasi, atau bahkan berdoa. Olahraga rutin dikenal sebagai obat mujarab untuk tubuh dan pikiran, dan telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, meningkatkan kebahagiaan, dan membuat Anda tidak merasa kesepian.

Jika Anda memilih untuk menghabiskan waktu untuk berdoa atau hal-hal religius lainnya, hal ini dipercaya dapat mengurangi efek negatif dari stres, serta membawa perasaan menenangkan.

Baca juga:  Dari Bandara Ngurah Rai Perketat Pengawasan hingga Terima Kasih Gubernur Koster

3. Membuat Anda lebih kreatif

Dengan menghabiskan waktu sendiri, seringkali Anda akan mendapatkan ide-ide kreatif yang datang tiba-tiba. Mendadak Anda tahu bagaimana akhir untuk novel yang sedang Anda kerjakan, atau ide cemerlang untuk memulai bisnis baru.

Hal ini dapat terjadi karena membiarkan pikiran Anda berkelana bebas dapat membantu tahap inkubasi dalam proses berpikir kreatif, dan ini memungkinkan otak Anda tanpa sadar menyelesaikan latar belakang berbagai masalah yang tengah Anda rasakan.

4. Membuat hati menjadi lebih tenang

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Tunjukan Kenaikan, Bali Masih 1 Digit

Dengan menghabiskan waktu sendiri, Anda dapat memusatkan perhatian pada pikiran dan perasaan Anda sendiri. Menyendiri adalah suatu bentuk perawatan diri yang bisa Anda lakukan secara rutin. Mereka yang rutin menyediakan me-time ini umumnya jauh lebih tenang dan bahagia daripada mereka yang jarang menyediakan waktu sendiri untuk dirinya.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk menyediakan waktu paling tidak 20 menit setiap harinya untuk menyendiri, apalagi jika Anda bekerja di bidang kreatif atau Anda memiliki tingkat kesibukan yang sangat tinggi. Terdengar sederhana memang, tetapi jika dilakukan secara rutin, beberapa manfaat yang disebutkan di atas dapat Anda rasakan. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *