AMLAPURA, BALIPOST.com – Letusan freatik pada Sabtu (25/11) malam, membuat hembusan abu vulkanik Gunung Agung tidak lagi mengarah ke Timur Laut, Timur dan Tenggara. Abu vulkanik mengarah ke Barat dan Barat Daya ssampai ke Desa Besakih dan Pempatan.

Warga Besakih, I Nyoman Sumerta mengungkapkan memang benar jika di Besakih ada abu vulkanik akibat dari letusan yang kembali terjadi. “Ya benar abu sampai ke sini (Besakih, red). Hanya saja, abunya masih tipis. Mungkin mengikuti arah angin,” ucapnya.

Sementara itu, Warga lain asal Banjar Batumaded Aryaningsih juga membenarkan jika di Besakih ada abu. Dia juga mendapat informasi jika abunya sampai ke Banjar Puragai, Desa Pempatan. “Informasinya abunya memang sampai di sana (Pempatan, red). Katanya motor milik warga sampai kotor akibat ditutup abu,” jelasnya.

Baca juga:  Tsunami di Pantai Palu, BNPB Sebut Sejumlah Korban Meninggal Tertimpa Bangunan

I Gusti Ayu Winda Purnama juga mengatakan hal serupa jika di Besakih ada abu dari letusan freatik yang kembali terjadi. Untuk memastikan abu tersebut, dirinya sampai membentangkan kertas HVS di rumahnya. “Setelah saya taruh kertas memang ada abu. Warnannya agak kehitaman,” ucap Winda. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.