Brokoli. (BP/www.tokopedia.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kesehatan jantung saat ini menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh manusia modern, terutama karena banyaknya makanan tak sehat yang sudah jadi menu sehari-hari dan dikonsumsi secara rutin. Karenanya beragam pola makan dan diet sehat mulai diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak perlu mahal, sejumlah sayuran hijau dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini bisa diolah dan dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat sehari-hari.

Berikut 4 sayuran yang membawa dampak menyehatkan bagi jantung, dikutip dari berbagai sumber :

1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini berfungsi menjaga tekanan darah agar stabil, serta mencegah terjadinya anemia, atau kurang darah. Tekanan darah yang stabil dan jumlah sel darah yang cukup sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Studi juga menyebut bahwa bayam bisa melebarkan pembuluh arteri dan mencegah kekakuan di pembuluh darah.

Baca juga:  Yuk, Cari Tahu Arti Warna dalam Sayuran

2. Paprika hijau

Adanya kandungan capsaicin di paprika, dan rata-rata cabai lainnya, sangat baik untuk kesehatan metabolik tubuh. Jika metabolik berjalan dengan normal maka kesehatan jantung pun akan baik.

3.Brokoli

Sayur penuh manfaat bagi jantung yang pertama adalah brokoli. Jika rajin mengonsumsinya, ia bisa mengurangi stres oksidatif serta mencegah terjadinya kerusakan sel jantung. Kandungan antioksidannya juga tinggi, baik bagi kesehatan secara umum.

4. Cabai hijau

Selain cabai merah, paprika hijau dan cabai hijau juga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Capsaicinnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.