Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Rambut rontok merupakan salah satu persoalan yang paling membuat kaum perempuan khawatir. Sebab, rambut rontok yang bisa berujung pada kebotakan tentu akan merusak penampilan.

Dikutip dari berbagai sumber, ada sejumlah jurus yang bisa mengatasi persoalan ini. Berikut langkah-langkahnya :

1. Meningkatkan sirkulasi di kulit kepala

Melakukan pijat kepala dengan ujung jari bisa membantu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. Cara ini adalah salah satu cara untuk mencegah rambut rontok, bahkan bisa membuat rambut Anda lebih kuat dan lebih sehat.

Buat lingkaran kecil menekan sedikit untuk menggerakkan kulit kepala Anda. Mulailah dengan daerah yang paling dekat dengan dahi Anda dan tetap bergerak kembali ke tengkuk leher Anda.

Jika Anda mau, Anda bisa menggunakan minyak kelapa, zaitun, jojoba dan minyak esensial seperti rosemary, lavender, cinnamon, dan mint. Biarkan minyak meresap di kulit kepala Anda sepanjang malam. Di pagi hari, basuh rambut seperti biasa.

2. Asupan vitamin C harus terpenuhi

Dalam beberapa kasus, rambut rontok bisa dikaitkan dengan anemia defisiensi zat besi. Ini karena ini salah satu gejala yang paling umum bila Anda kekurangan zat besi. Salah satu cara untuk memudahkan penyerapan zat besi adalah dengan menggabungkan makanan dengan vitamin C.

Baca juga:  Ingin ASI Lancar saat Menyusui? Ikuti 5 Kebiasaan Ini

Konsumsi jus lemon segar bisa menjadi pilihan. Jus ini kaya vitamin itu. Ini akan membantu Anda lebih baik menyerap zat besi yang ada pada makanan.

3. Menyisir rambut secara rutin

Menyisir rambut secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan penyebaran minyak ke rambut. Jika Anda menggunakan sisir kayu dengan serat alami, Anda akan melihat hasil memuaskan yang akan muncul dalam beberapa minggu.
Anda bisa melakukan ini jika Anda menyisir rambut Anda secara normal dari depan ke belakang.

4. Tidur nyenyak

Jika Anda tidak beristirahat dengan baik di malam hari karena insomnia atau kurang tidur, ini bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Karena itu, penting untuk memperbaiki kualitas dan memperhatikan jam tidur Anda.

5. Hindari stress

Stress dapat berdampak pada banyak hal, salah satunya rambut rontok. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan tubuh Anda menyebabkan gejala seperti rambut rontok dan banyak gangguan kesehatan lainnya. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.