MANGUPURA, BALIPOST.com – Tim BPPD (Badan Promosi Pariwisata Daerah) Badung menuju Manchester United Kingdom, Kamis (2/11). Perjalanan promosi yang pertama kali ke Manchester ini dilakukan oleh tim promosi pariwisata daerah Kabupaten Badung.

Tim BPPD Badung mengikutsertakan industri sebanyak 11 perusahaan potensial khusus pasar Eropa yang terdiri hotel berbintang, travel agent dan airline. Rombongan sales mission promosi pariwisata dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra dan Ketua BPPD Badung IGN Rai Suryawijaya.

Menurut Dr. Ni Made Eka Mahadewi dari BPPD Badung, Minggu (5/11), promosi pariwisata ke Manchester dinilai sangat perlu, mengingat kunjungan wisatawan Inggris menduduki peringkat utama pasar Eropa bagi Bali di tahun 2016. Kunjungan wisatawan Inggris ke Bali mengalami pertumbuhan positif dan diharapkan terus meningkat mencapai 24 % di tahun 2018 sebanyak 322.422. “Rata-rata peningkatan kunjungan wisatawan Inggris ke Bali, khususnya ke Badung sebesar 17,76 % di tahun 2016,” ujarnya.

Jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Bali di tahun 2016 sejumlah 221.521, dimana sebelumnya hanya mencapai 167.628 orang wisatawan. Kunjungan wisatawan Eropa tidak hanya didukung oleh Inggris, namun terus didukung oleh kunjungan wisatawan Perancis, Jerman, Belanda Rusia, Italia dan Swiss. Secara keseluruhan wisatawan Eropa di tahun 2018 mendatang diharapkan mampu memberikan kontribusi kunjungan sebesar 1,2 juta wisatawan. “Karakteristik wisatawan Inggris termasuk dalam kategori wisatawan yang menyukai wisata budaya dan alam. Wisatawan Inggris memilih destinasi baru yang dianggap mampu memberi keamanan dan kenyamanan,” ujar Eka Mahadewi.

Dari hasil pengumpulan data melalui travel agent (buyer) di Manchester, diketahui bahwa wisatawan dari Manchester belum banyak yang memilih Bali maupun Badung. Untuk kepentingan memberikan informasi pariwisata Badung, pertemuan buyer dan seller dalam bentuk Table Top Manchester 2017 telah berhasil memberikan gambaran kepariwisataan Badung kepada pihak penjual paket wisata di Manchester.

Baca juga:  Jadi Prioritas Pemkab, Atambua Gelar "Music On Vacation" di Pasir Putih Atapupu

Penjualan paket wisata dari Inggris, khususnya Manchester ke Bali telah didukung Singapore Airline (SQ). Saat ini SQ telah mempunyai penerbangan ke Bali melalui Singapore-Manchester dengan pesawat besarA350.

Sedangkan untuk penerbangan dari Bali melalui Singapore ke London, SQ telah menyiapkan penerbangan dengan tipe A380 (double decker flight). Selain SQ, pihak penerbangan nasional Garuda Airline (GA) ke London via Jakarta juga telah disiapkan. 

“Pangsa pasar Inggris dapat dikategorikan quality market bagi Bali. Wisatawan Inggris mempunyai potensi besar dalam mendukung peningkatan ekonomi Badung dan Bali. Kunjungan wisatawan Inggris dilakukan pada bulan Juli-Agustus, pada saat liburan sekolah dan melakukan perjalan ke Bali dengan waktulebih dari 14 hari,” ungkapnya.

Lamanya perjalanan dan kunjungan (length of stay) diharapkan menjadi peluang yang seharusnya terus dimanfaatkan perusahaan wisata di Bali.
Melalui kegiatan sales mission Manchester ini, telah dilakukan penawaran paket wisata yang menarik dan lebih variatif, baik dari sisi produk maupun aksesibiltasnya. Wisatawan Inggris dari Manchester termasuk wisatawan yang belum banyak mengenal Bali. Saat ini masih banyak masyarakat Inggris yang belum melakukan kunjungan ke Bali.

Kekuatan Bali khususnya Badung yang memiliki pantai, sawah dan budaya Bali, dapat menjadi pilihan untuk mengalahkan Thailand dan Amerika yang menjadi target kunjungan masyarakat Inggris. Kekuatan Bali pada budayanya, akan terus menjadi bagian keputusan berkunjung wisatawan Inggris dengan didukung jangkauan yang mudah (penerbangan) dari Manchester ke Bali. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.