SAMOSIR, BALIPOST.com – Promosi pariwisata di salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Danau Toba, semakin hari kian gencar. Apalagi Garuda Indonesia juga sudah bakal terbang dari Singapore ke Silangit Danau Toba.

Tidak hanya keindahan alam dan budaya serta persiapan Bandara Silangit menjadi bandara internasional, Danau Vulkanik terbesar di dunia itu juga punya even berskala internasional yang layak untuk dinikmati. Tidak terkecuali Samosir Jazz Season 2017.

Even kedelapan yang merupakan juga merupakan rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) itu akan digelar di Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumateta Utara pada Sabtu, 28 Oktober 2017 mendatang.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Robintang Naibaho mengatakan, sebelumnya, kegiatan ini akan digelar di Pantai Indah Situngkir (PIS) Parbaba, Kecamatan Pangururan. Namun mengingat banyak tamu yang akan datang ke Samosir melalui Bandara Silangit, sehingga kegiatan kita pindahkan ke Tomok, agar mudah dijangkau para wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

“Apalagi tanggal 28 nanti telah diresmikan Bandara Silangit menjadi bandara internasional oleh presiden Joko Widodo, terima kasih kepada semua pihak, terima kasih kepada bapak Presiden dan juga Kementerian Pariwisata,” kata Robintang di Pangururan, Rabu (18/10).

Robintang juga memaparkan, perhelatan Samosir Jazz Season ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Artis yang tampil juga berjiwa muda dan dipastikan sangat atraktif di antaranya adalah Petra Sihombing, Fredrik dan Friends bersama artis Laudya Chintya Bella, juga artis lokal.

“Sudah banyak yang membeli tiket dan paket via travel agent. Samosir Jazz kami prediksikan akan disaksikan sekitar 200 hingga 300 orang wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Data yang saya dapat dari panitia ada beberapa wisatawan yang hadir dari Singapura, Malaysia, dan dari China,” ungkapnya.

Baca juga:  Bantu Warga, Dewi Pule Gelar Program One Homestay One Toilet

Kedatangan wisatawan, lanjut Robintang, selain menikmati Samosir Jazz Season, juga sekaligus berwisata ke Samosir dan Danau Tova. “Tentunya  menikmati keindahan Lanskap Danau Toba serta kuliner khas Samosir,” katanya.

Bagi yang ingin menikmati view Danau Toba sambil menikmati musik jazz bisa di Samosir Jazz Season bisa diklik di http://www.dineary.com

“Jangan sampai kehabisan sebab seatsnya terbatas, silahkan datang menikmati Jazz sambil menikmati Danau Toba,” ajaknya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi gelaran Samosir Jazz Season. Menurutnya, Even musik seperti ini bisa jadi atraksi tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Danau Toba, khususnya ke Pulau Samosir.

Para stakeholder harus memahami betul bahwa mengelola pariwisata tidak hanya cukup dengan menampilkan kebudayaan dan kesenian yang dimiliki. “Yang lebih penting adalah bagaimana potensi tersebut bisa dikelola lebih kreatif dan profesional sehingga lebih menarik untuk disaksikan,” ujar Menpar Arief Yahya.

Pria asal Banyuwangi itu berharap semoga kualitas penyelenggaraan dengan pencapaian yang tak main-main ini senantiasa dijaga dan menjadi cambuk bagi penyelenggara untuk terus menyuguhkan musik jazz yang harmoni dengan alam.

“Di sana kita sapa dunia lewat alunan musik serta lanskap dari Danau Toba yang menawan. Silahkan datang ke Danau Toba dan Bandara pun sudah siap menyambut wisatawan,” kata mantan Direktur Utama Telkom tersebut. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.