SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati I Made Kasta dan Sekretaris Daerah Gede Putu Winastra beserta Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dan seluruh instansi terkait melaksanakan peninjauan terhadap Pengungsi yang terdapat di GOR Swecapura Gelgel Klungkung, Jumat (22/9).

Menurut laporan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klungkung Putu Widiada, pengungsi yang masuk ke GOR sejak Kamis (21/9) telah mencapai 269 KK. Sehari berjalan, penanganan belum menemui kendala berarti. Fasilitas MCK para pengungsi juga diarahkan menggunakan toilet di SMPN 3 Semarapura.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan para pengungsi dan masyarakat sekitar bisa tetap tenang dan merasa nyaman. Mendukung itu, pemkab siap memberikan pelayanan semaksimal mungkin dengan mengerahkan petugas yang juga dibantu relawan.  “Mari sama-sama berdoa memohon supaya gejala yang terjadi sekarang, berhenti dan tidak akan berlanjut, sehingga para pengungsi bisa beraktifitas seperti biasa di rumah masing-masing,” katanya.

Baca juga:  Berdayakan Beras Lokal, Bupati Suwirta Minta BUMDes Terlibat

Wakil Bupati I Made Kasta juga menyatakan kesiapan penerimaan pengungsi oleh pemkab ini sudah disertai rapat koordinasi bersama Pemkab Karangasem. Hal tersebut terus ditindaklanjuti dengan komunikasi rutin. Selain memberikan penanganan dari sisi logistik, pendidikan anak-anak juga menjadi perhatian. “Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung akan melakukan pendataan kepada anak-anak pengungsi. Mereka kembali belajar di sekolah terdekat sesuai dengan jenjang pendidikannya. Jangan Menggunakan Standard Operating Procedure (SOP), tetapi Gunakanlah Rasa Kemanusiaan dalam membantu Pengungsi,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Bupati I Made Kasta bersama dengan aparat desa meninjau kondisi warga karangasem yang sementara  tinggal di rumah kerabatnya di Kelurahan Semarapura Kaja. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.