JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Mufidah Jusuf Kalla menghadiri Peluncuran Buku “Dancing Of Silver: The Jewellery Of Runi Palar” dan “Seni Kerajinan Di Hindia Belanda” oleh Bruce Carpenter, di Museum Bank Mandiri, Selasa (15/8).

Dalam kesempatan itu, Mufidah mengatakan Indonesia sungguh telah diberkahi warisan budaya nasional, karena itu semua berkewajiban memelihara dan melestarikan budaya dari generasi ke generasi selanjutnya. Warisan budaya yang diaplikasikan dalam seni kriya atau produk kerajinan, selain nilai budaya yang tinggi juga memiliki nilai ekonomi yang tak kalah tingginya sebagai bagian dari ekonomi kreatif.

Dalam berbagai kesempatan ketika diperkenalkan ke mancanegara, produk kerajinan Indonesia seperti perhiasan, tenun, anyaman, dan lainnya mendapat sambutan dan penghargaan yang luar biasa. “Kewajiban kita bersamalah untuk terus bersemangat menyelamatkan dan mengangkat kembali warisan budaya sekaligus harkat perajin bangsa kita,” ujarnya.

Baca juga:  Stan Kerajinan PKB Bertambah

Dalam rangka melestarikan warisan budaya, Dekranas telah berhasil menerjemahkan 5 buku kerajinan karya Mas Pirngadie dan J. Jasper. Buku ini telah mencatat sejarah teknik produksi dan perkembangan kerajinan di Era Hindia Belanda dan di terbitkan sudah 100 tahun yang lalu.

Ia berharap buku ini dapat memberikan inspirasi dan memunculkan kreativitas, inovasi dan pemahaman yang mendalam bagi pembaca, baik akademisi, artisan maupun budayawan. Untuk itu pentingnya melakukan bedah buku untuk memunculkan minat anak-anak muda sebagai penerus pelaku kerajinan di berbagai sekolah kejuruan. (kmb/balitv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.