Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Para wanita dianjurkan agar berhati-hati saat minum air dingin. Sebab, beberapa studi yang dilakukan terkait hal ini menunjukkan bahwa air dingin bisa menyebabkan migrain atau sakit kepala sebelah.

Penelitian yang dilakukan ahli saraf dari Sweden University Hospital, Peter Mattsson, menyebutkan usai minum air dingin atau makanan dingin, seperti es krim, sakit kepala atau migrain kerap muncul. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita daripada laki-laki.

Rasa sakit tersebut biasanya terjadi beberapa detik sesudah mengonsumsi yang dingin. Rasa sakit kepala mencapai puncaknya 20-60 detik sesudah mengonsumsi minuman atau makanan dingin, berdasarkan studi yang dilakukan dokter saraf dari Mayo Clinic College of Medicine, Ivan Garza.

Walau mengalami sakit kepala yang relatif sebentar, tentu saja rasanya tidak menyenangkan. Rasa sakit bakal terasa di bagian tengah depan kepala, diikuti bagian lain di sekitarnya.

Garza mengungkapkan, biasanya rasa sakit kepala karena minum air dingin terjadi pada mereka yang sering menderita migrain. Bahkan, saat sakit kepala datang bisa terasa begitu berdenyut.

Peneliti belum mengetahui penyebab sakit kepala, tapi berdasarkan riset dari John Hopkins University, hal ini terjadi karena kombinasi antara stimulasi saraf yang sensitif terhadap suhu ditambah dengan efek dingin yang mengalir di pembuluh darah. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.