Ayu Weda bersama sejumlah seniman yang akan tampil dalam peluncuran albumnya. (BP/win)
DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah melahirkan sebuah buku berjudul “Badriyah” pada tahun lalu, hari ini Ayu Weda akan meluncurkan album baru yang berisikan 10 lagu karya Sawung Jabo yang diberi judul “Sudah Merenungkah Kau, Tuan?” di Bentara Budaya Bali (BBB). Peluncuran album ini sekaligus untuk memperingati Hari Anak Nasional dan jelang peringatan Hari Kemerdekaan Nasional pada 17 Agustus 2017 mendatang.

Pembuatan Album “Sudah Merenungkah Kau, Tuan?” dirancang bersama Sawung Jabo sejak tahun 2016. Kesepuluh lagu yang terdapat di dalam albumnya tersebut dipilihnya sebagai wujud kepedulian dan keprihatian Ayu Weda terhadap kondisi sosial politik negeri dan refleksi perjalanan batin sebagai daya ucap cinta tak terperi terhadap mertabat kemanusiaan.

“Pada lagu “Sudah Merenungkah Kau, Tuan?” dan “Kesaksian Jalan” sebagai ungkapan kegelisanan saya terhadap keputusan-keputusan yang tidak adil demi kepentingan politik, serta penyelewengan kekuasaan yang dilakukan oleh elit politik untuk memperkaya diri sendiri meupun kelompok,”ujar Ayu Weda saat presscon di Kubu Kopi, Kamis (27/7).

Selain itu, pada albumnya ini, perempuan kelahiran Singaraja, 1 September 1963 juga mengutarakan keprihatiannya tentang sempitnya lahan bermain untuk anak-anak dan masih adanya anak-anak yang mengemis di jalanan, serta dunia imajinasi yang tergantikan oleh teknologi. Hal ini pemilik nama lengkap I Gusti Ayu Made Wedayanti utarakan di dalam lagunya yang berjudul “Hella Hella Hella” dan “Bocah Pelangi”.

Baca juga:  Album “Satu" Dejapu, Usung Satu Lagu Berbahasa Indonesia

Proses rekaman, mixing, dan mastering album ini dilakukan pada Maret – April 2017 di Yogyakarta. Sawung Jabo sebagai music director dan diaransemen bersama personel Sirkus Barock, yakni Joel Tampeng (gitar elektrik, gitar akustik, dan bass gitar), Bagus Mazasupa (keyboard), Endy Barqah (drum), Ucok Hutabarat (biola), Denny Dumbo (alat tiup perkusi), dan Jecco Cello (cello), serta Afrina Pakpahan dan Savini Savin sebagai backing vokal.

Selain itu, pada peluncurannya hari ini, Ayu Weda juga akan melibatkan beberapa seniman besar Tanah Air, seperti Sirkus Barock, Ayu Laksmi, Cok Sawitri, Sandrayati Fay, Trio Flowers, Eny Art Dance, Eka Putri, serta Eny Darmayani yang akan menarasikan pesan-pesan dari berbagai syair lagu yang ada di dalam album dalam bentuk pertunjukkan musik dan tari. (Winatha/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.