LAMONGAN, BALIPOST.com – Sejumlah siswa di Kabupaten Lamongan berhasil membuat es krim dari ikan pindang atau ikan layang yang biasanya kerap dijadikan lauk yang banyak dijumpai di perairan Lamongan. Meski dari bahan ikan, es krim buatan siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran ini tidak amis, bahkan kaya akan protein dan vitamin.

Bahan yang tak lazim ini juga membuat es krim ini merupakan terobosan inovatif dari empat siswa, yakni Angga Eka Rahmadi, Muhamad Faqih Ibrahim, Merzy Fitri Aurelia, dan Safinatun Nazia.

Untuk membuat es krim ini tidak sulit. Pertama-tama ikan layang yang telah bersih dan diberi rempah-rempah dikukus terlebih dulu. Setelah dikukus, ikan diambil dagingnya lalu diblender hingga halus.

Setelah daging ikan lembut, kemudian ikan dicampur dan diaduk menggunakan mixer. Dicampur gula jawa, vanili, garam, tepung maizena, air dan susu. Setelah di mixer kemudian adonan es krim ini dipanaskan selama lima belas menit untuk kemudian disimpan di wadah. Bahan setengah jadi kemudian didinginkan di freezer.

Setelah membeku, adonan es krim kembali di mixer agar lembut dan halus. Setelah itu dimasukkan ke wadah atau cup dan disimpan kembali ke lemari pendingin hingga membeku.

Menurut Angga, ide membuat es krim dari ikan pindang ini dikarenakan wilayahnya banyak terdapat ikan pindang. Terutama di tempat pelelangan ikan. Selain itu, es krim dari ikan sangat kaya akan protein dan vitamin, diantaranya B6, B5, B12, Bioten, dan Diasin.

Sementara menurut pembina kewirausahaan SMA Mazra’atul Ulum Paciran, Hartono, karya siswanya sangat membantu meningkatkan derajat dan menambah penghasilan petani dan nelayan. Dengan mengkonsumsi es krim dari ikan layang bisa mencegah ketergantungan obat kimiawi karena es krim tersebut banyak mengandung vitamin. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.