Jangan Sepelekan Tidur Siang
Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Jangan sepelekan tidur siang. Sebab, dikutip dari webmd.com, tidur siang bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas.

Menurut Sara C. Mednick, PhD, pakar tidur dan pengarang buku “Take a Nap! Change Your Life,” tidur siang bisa menjadi salah satu solusi mengatasi kurangnya tidur seseorang. “Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dari tidur siang sekitar 15 hingga 20 menit,” katanya.

Diungkapkannya jangka waktu tidur siang dan tipe tidur akan meningkatkan kinerja otak. 20 menit tidur siang akan baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan motorik, seperti mengetik dan bermain piano.

Baca juga:  Minum Air Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya
Bahkan, menurut sebuah riset, waktu tidur yang lebih lama dari 20 menit akan mampu meningkatkan daya ingat dan kreativitas. Waktu tidur yang panjang, sekitar 30 sampai 60 menit, akan mampu meningkatkan kemampuan membuat keputusan, seperti mengingat kosakata dan arah.

Untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang adalah harus mencapai fase REM (rapid eye movement). Bila saat tidur siang kita mencapai fase REM, tubuh dan otak akan terasa segar kembali ketika kita bangun. Produktivitas pun meningkat kembali.

Fase REM bisa diibaratkan sebagai proses membersihkan memori pada komputer. Otak akan memproses memori baru yang didapat sepanjang hari. Otak akan memilih memori mana yang akan masuk ke dalam memori jangka panjang, dan mana yang tidak.

Budaya tidur siang sudah diberlakukan di beberapa sekolah dan kantor yang ada di Jepang. Di Italia, tradisi tidur siang dari pukul 13.30 sampai 14.30 sudah mulai diterapkan. Masyarakat di sana menamakan tradisi tidur siang ini dengan riposo. Jadi jangan sepelekan tidur siang karena manfaatnya sangat baik untuk otak kita. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.