DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah Kasubdit/Kabagwassidik, kini Biro SDM Polda Bali melaksanakan promosi terbuka untuk jabatan Kasat Reskrim di lingkungan Polres. Hal ini sebagai bentuk konsistensi dalam pembinaan karier sekaligus implementasi dari program Kapolri yaitu pemberlakuan rekruitmen terbuka untuk jabatan di lingkungan Polri.

Menurut Karo SDM Polda Bali Kombes. Pol Jawari .S. H., M.H, Sabtu (11/3), tingginya tantangan terhadap tugas Kasat Reskrim sebagai garda terdepan penegakkan hukum membuat personel yang menduduki jabatan itu harus memiliki kompetensi yang sesuai. “Selain itu, pejabat baru juga harus mampu menjawab tantangan di masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan dari 26 peserta yang mendaftar semuanya lolos dalam pemeriksaan administrasi. Mereka pun melaksanakan tes psikologi. Hasil tes tersebut, hanya 18 peserta dinyatakan memenuhi syarat dan melaksanakan assessment.

Assessment center diorientasikan pada pengembangan kompetensi secara soft skill yang digali melalui tiga tools yaitu games, Leaderless Grup Discusion (LGD) dan Behavioral Event Interview (BEI). Sebelumnya dilaksanakan psikometri.

Baca juga:  Dibuka, Pendaftaran Lelang Jabatan Pratama di Buleleng
Lebih lanjut dijelaskan setelah tahapan assessment center, 11 peserta tersebut dinyatakan memenuhi syarat untuk melaksanakan uji kompetensi bidang Reskrim pada 10 Maret 2017. Ketua Tim Penguji yakni Kabidpropam Polda Bali dengan tim penguji yang terdiri dari Wadirintelkam Polda Bali, Kasubdit III Ditreskrimum Polda Bali, Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Bali dan Kasubditregident Ditlantas Polda Bali.

Kombes Jawari mengatakan kegiatan uji kompetensi berorientasi pada menggali kemampuan personel dalam menguasai bidang fungsi teknis. Harapannya ketika diberikan kepercayaan untuk menjabat nantinya, personel tersebut akan memiliki kinerja yang baik.

Lebih jauh, alumnus Lemhanas 2016 ini juga menyampaikan kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan yang rencana ke depan juga akan melibatkan pihak eksternal. Terutama dari kalangan akademisi. (Pramana Wijaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.