Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadie menghadiri Mobile World Conference (MWC) 2024 di Barcelona, Selasa (27/2). Dalam kesempatan itu, Menkominfo menyaksikan pemberian penghargaan dari Ookla ke Telkomsel. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan tingkat global dengan meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network sekaligus, dan gelar Best Mobile Network selama 5 kali berturut dari Ookla® Speedtest Awards™. Capaian ini berdasarkan hasil pengukuran dan analisis Ookla® selama periode Juli – Desember 2023.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengatakan jaringan broadband Telkomsel menjangkau hingga lebih dari 97% wilayah populasi Indonesia. Pihaknya meraih award Best Mobile Coverage dengan nilai 889 untuk Coverage Score™ yang mencakup pengukuran dan analisis terhadap ketersediaan dan kualitas layanan seluler di dalam negeri oleh Ookla®.

Baca juga:  Dua Orang Pengumpul Kerangka Tentara Jepang Dapat Penghargaan

Telkomsel juga disebut sebagai peraih Fastest Mobile Network dengan nilai 40,89 untuk Speed Score™ yang diukur dan dianalisis oleh Ookla® berdasarkan pengalaman kecepatan unduh dan unggah pelanggan seluler yang diperkuat melalui Ookla® Market Analysis Report di periode Q4 2023. Telkomsel konsisten membuktikan capaian kecepatan download di median 31,14 Mbps dan multi-server latency terendah mencapai angka median 45 ms. Atas kedua pencapaian tersebut, Telkomsel juga meraih gelar Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Awards™.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengatakan penghargaan inu semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Capaian ini menjadi penambah semangat Telkomsel dalam komitmen mengimplementasikan teknologi terkini dan memperkuat kapabilitas jaringan broadband berkecepatan tinggi untuk peningkatan kualitas pengalaman gaya hidup digital para pelanggan secara merata dan setara.

Baca juga:  Triwulan I 2024, Realisasi Kredit Bank Mandiri Lampaui Pertumbuhan Industri

“Ke depan, Telkomsel akan terus menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang dapat mendorong pemberdayaan masyarakat Indonesia untuk membuka peluang menuju masa depan yang lebih baik,” katanya dalam keterangan tertulis.

Ia memaparkan, pihaknya berupaya menunjang gaya hidup digital pelanggannya, seperti dengan upaya peningkatan seluruh teknologi layanan dan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia yang telah dirampungkan pada pertengahan 2023. Selain itu, Telkomsel juga terus memperkuat kapabilitas dan kualitas jaringan broadband secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah Indonesia dengan menggelar lebih dari 233 ribu BTS, termasuk dengan lebih dari 470 BTS berteknologi terkini 5G, di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga:  Pasok Ratusan RS dan Kliniknya, Muhammadiyah Luncurkan Infus Suryavena

Ia juga memaparkan, Telkomsel telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar yang pertama mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia. Tujuannya, menghadirkan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan terdepan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI. (kmb/balipost)

BAGIKAN