Tim juri menilai salah satu ogoh-ogoh yang ikut dalam Lomba Ogoh-ogoh Kota Denpasar 2024 beberapa waktu lalu. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tercatat ada 12 ogoh-ogoh terbaik karya para sekaa teruna (ST) dalam Lomba Ogoh-Ogoh Kota Denpasar 2024. Hasil tersebut didapatkan setelah melalui proses penilaian di tempat selama dua hari.

Pengumuman pemenangnya tertuang dalam berita acara yang ditandatangani seluruh tim juri dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Ini diumumkan secara resmi pada Minggu (18/2) malam. Nantinya, 12 ogoh-ogoh yang lolos ini akan diparadekan serangkaian pelaksanaan Kasanga Festival pada 1–3 Maret mendatang.

Di mana masing-masing kecamatan terpilih tiga ogoh-ogoh terbaik. Untuk Kecamatan Denpasar Selatan terpilih ogoh-ogoh dari ST Dharma Shubiksa Banjar Sasih Panjer, ST Sukarela Banjar Kepisah Pedungan, dan ST Canti Graha Banjar Tengah Sesetan. Selanjutnya dari Kecamatan Denpasar Timur terpilih ogoh-ogoh ST Shanti Yowana Banjar Yangbatu Kangin Dangin Puri Kelod, ST Yowana Wedhi Banjar Bantan Buah Kesiman, dan ST Mekar Sari Banjar Kesambi Kesiman.

Baca juga:  Ekonomi Bali di Ambang Resesi

Kemudian untuk Kecamatan Denpasar Utara yakni ST Cantika banjar Sedana Mertha Ubung, ST Werdhi Sesana Banjar Tega Tonja, dan ST Eka Pramana Banjar Merta Rauh Dangin Puri Kangin. Sedangkan untuk Kecamatan Denpasar Barat dari ST Yowana Sawitra Banjar Abian Timbul Pemecutan Kelod, ST Wira Dharma Banjar Sumuh Dauh Puri Kauh, dan ST Sekar Tirta Yowana Banjar Sapta Bumi Tegal Harum.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, Senin (19/2) mengatakan penilaian lomba di tingkat kecamatan telah usai dilaksanakan. Dalam penilaian ini akan dicari sebanyak tiga ogoh-ogoh terbaik di masing-masing kecamatan. Nantinya tiga ogoh-ogoh terbaik di tiap-tiap kecamatan akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp30 juta.

Baca juga:  Menkes Sebut Protokol Perubahan Pandemi ke Endemi Sudah Siap

Tak hanya itu, dalam pembuatan ogoh-ogoh tahun 2024 ini, Pemkot Denpasar memberikan insentif kepada sekaa teruna. Pemkot menggelontorkan anggaran sebesar Rp3,6 miliar khusus untuk pembuatan ogoh-ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946. Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 360 sekaa teruna (ST) di Kota Denpasar sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya Bali. Dimana, masing-masing ST mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp10 juta.

Baca juga:  Mengenal Sosok Sugriwa, Nama yang Diabadikan di UHN Pertama di Indonesia

“Total 12 ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan sudah ditetapkan, di mana 12 pemenang tersebut akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp30 juta, dan nantinya diparadekan di kawasan Catur Muka Denpasar serangkaian Kasanga Festival 2024,” paparnya.

Selain itu, lanjut Raka Purwantara, Kasanga Festival Tahun 2024 akan digelar selama tiga hari pada 1–3 Maret 2024. Dimana, selain 12 ogoh-ogoh terbaik STTT juga dimeriahkan dengan lomba ogoh-ogoh mini, lomba sketsa ogoh-ogoh, dan lomba baleganjur ngarap.

“Kami ucapkan selamat bagi seluruh karya STT yang sudah masuk nominasi, selanjutnya persiapkan diri menuju Kesanga Festival Tahun 2024, bagi yang belum masuk nominasi, tetap berkarya dan semangat,” ujarnya. (Eka Adhiyasa/balipost)

 

BAGIKAN