Seorang warga melihat-lihat ogoh-ogoh di Banjar Belaluan Sadmerta, Denpasar, Rabu (14/2). Pemkot Denpasar kembali menggelar Kesanga Festival di tahun ini. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah sukses pada tahun lalu, menjelang Hari Raya Nyepi tahun ini Dinas Kebudayaan (Disbud) kembali akan menggelar Kesanga Festival. Pada festival kali ini, jumlah peserta yang akan ikut cukup banyak, yakni mencapai 160 ogoh-ogoh yang ada di empat Kecamatan di Kota Denpasar.

Ratusan ogoh-ogoh ini akan bersaing dalam ajang Kesanga Festival Tahun 2024 untuk bisa tampil dalam parade di Catur Muka. Kesanga Festival ini digelar Dinas Kebudayaan bersama Pasikian Yowana Kota Denpasar.

Kesanga Festival ini  akan berlangsung dari tanggal 1-3 Maret di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung yang akan dimeriahkan ogoh-ogoh terbaik di tingkat kecamatan, Lomba Ogoh-ogoh Mini, Lomba Sketsa Ogoh-ogoh, dan Lomba Baleganjur Ngarap.

Baca juga:  Bobol Toko, Residivis Ditangkap di Jateng

Wakil Wali Kota Denpasar,  Kadek Agus Arya Wibawa, Rabu (14/2) menyampaikan, ogoh-ogoh telah menjadi ajang adu kreativitas antar sekaa teruna di Kota Denpasar, dan tahun ini ajang Kesanga Fest kembali digelar yang memberikan ruang dan kreativitas bagi sekaa teruna. Bahkan, para sekaa truna telah diberikan dana sebesar Rp 10 juta sebagai cambuk untuk terus berkarya dalam seni tiga dimensi yakni ogoh-ogoh.

Baca juga:  2017, Kunjungan ke Ulundanu Beratan Naik 26 Persen

Sementara Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara menyampaikan, pelaksanaan Kesanga Fest tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sebanyak 360 Sekaa Teruna mendapatkan BKK yang bertujuan membantu sekaa teruna dalam pembuatan ogoh-ogoh.

Total 12 ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan akan berlomba kembali di tingkat kota. “Penilaian lomba di tingkat kecamatan akan berlangsung dari tanggal 17-18 Februari mendatang, dan akan menentukan 3 ogoh-ogoh terbaik di masing-masing kecamatan,” ujar Raka Purwantara.

Baca juga:  Seribu Anak Diajak Nobar "Widya, Jemari Jiwaku Menari"

Lebih lanjut dijelaskan ogoh-ogoh terbaik di tingkat kecamatan akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 30 juta dan akan bersaing kembali dalam lomba di tingkat kota, yang akan berlangsung dari tanggal 1-3 Maret mendatang. “Ogoh-ogoh tiga terbaik di masing-masing kecamatan untuk nantinya diparadekan di kawasan Catur Muka Denpasar, serta juga akan dimeriahkan dengan Lomba Ogoh-Ogoh Mini, Lomba Sketsa Ogoh-ogoh, dan Lomba Baleganjur Ngarap,” ujarnya. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN