Tangkapan layar saat Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di peringatan Hari Lahir ke-101 Nahdlatul Ulama dan ke-78 Muslimat NU yang dipusatkan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (20/1). (BP/iah)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Lahir ke-101 Nahdlatul Ulama dan ke-78 Muslimat NU yang dipusatkan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (20/1).

Dalam sambutannya yang dipantau di kanal YouTube Sekretariat Presiden, ia mengucapkan terima kasih kepada Muslimat NU yang senantiasa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan merawat Pancasila.

Presiden mengatakan peran Muslimat NU sangat luar biasa. Menurutnya, keberhasilan Indonesia melewati pandemi COVID-19 juga merupakan kontribusi Muslimat NU.

Baca juga:  Presiden Jokowi Apresiasi Capaian Wisman via Facebook

Lebih jauh dia menyampaikan pemerintah di tengah keterbatasan juga terus berupaya hadir untuk masyarakat. Misalnya dengan penyaluran bantuan sosial senilai ratusan triliun sepanjang 2023.

Diungkapkan, bansos yang disalurkan pada 2023 mencapai 443 triliun rupiah. “Gede sekali. Ini di antaranya untuk kartu sehat BPJS, kemudian kartu pintar dan KIP Kuliah, kemudian PKH, kartu sembako,” jelasnya disambut tepuk tangan Muslimat NU yang hadir.

Baca juga:  Diduga Coba Bunuh Diri, Perempuan Ini Biarkan Dirinya Digulung Ombak

Ratusan ribu anggota Muslimat NU meramaikan kegiatan ini. Berdasarkan perhitungan panitia Harlah Ke-78 Muslimat NU, terdapat sekitar 150.000 anggota yang dibawa ke lokasi acara itu dengan menggunakan 2.995 bus. Mereka berasal dari 34 Pengurus Wilayah dan 534 Pengurus Cabang Muslimat NU.

Acara tersebut juga dihadiri Pengurus Cabang Istimewa Muslimat NU berasal dari 11 negara, antara lain Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok, Jerman, Inggris, dan Jepang. (Diah Dewi/balipost)

Baca juga:  Tekan Harga Jual, Pasokan Beras ke Pasar Domestik Diperbanyak
BAGIKAN