Sejumlah kapal pesiar berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng pada 2024 mencanangkan kedatangan 15 kapal pesiar merapat di Buleleng. Kedatangan kapal pesiar ini akan membawa dampak yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma, Jumat (5/1) mengungkapkan di 2023, pihaknya mencatat ada sebanyak 8 company cruise line yang berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Kapal pesiar ini membawa ribuan wisatawan dari berbagai negara.

Baca juga:  OPEXCON 2019, Astra Motor Bali Raih "Gold Achivement"

Para wisatawan yang berlabuh di Buleleng ini melihat destinasi wisata dan kekayaan alam yang ada. “Wisatawan yang terdapat pada cruise line terkadang ada juga yang memilih explore mandiri tanpa travel agent namun tetap menggunakan jasa dari Paguyuban Transport Celukan Bawang yang secara tidak langsung dapat memberikan multiplier effect kepada perekonomian masyarakat Buleleng,” terang Dody.

Dengan kondisi seperti ini, ia pun menargetkan 15 cruise line untuk berkunjung. Penjajakan kerja sama pun terus dilakukan dengan berbagai agen sebagai bentuk upaya mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Baca juga:  Imbas World Bank-IMF, Jalan ke Alas Purwo Mulus

“Dengan adanya peningkatan dari tahun ke tahun kedatangan cruise line di Buleleng, nantinya akan disempurnakan dengan skema program untuk membuat ekosistem yang mendukung wisatawan cruise line demi meningkatkan kenyamanan dalam berkunjung ke Buleleng,” tandasnya. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN