Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama warga saat menghabiskan malam pergantian tahun di Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu (31/12). (BP/kmb)

SOLO, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melewati malam pergantian tahun di Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu (31/12). Sejumlah kegiatan dilakukan Jokowi saat malam ganti tahun itu.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Jokowi mengunjungi car free night (CFN) atau malam bebas kendaraan di Ngarsopuro Solo, Jawa Tengah. Rombongan Presiden Jokowi bertolak dari kediamannya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah pada pukul 22.00 WIB. Rombongan langsung ke kawasan Ngarsopuro-Gatot Subroto.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi bersama cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra. Presiden tampak juga dijaga oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Meski penjagaan cukup ketat, tidak menghalangi antusiasme masyarakat yang ingin berfoto dengan presiden.

Jokowi yang terus berjalan santai sambil melihat pedagang yang ada di kanan dan kiri jalan terlihat antusias melayani masyarakat yang ingin foto bersama.

Baca juga:  Nataru, Polda Bali Siagakan Satgas Antiteroris

Ia juga tampak ramah menyapa masyarakat yang terus-menerus memanggil namanya.

Tidak hanya berjalan-jalan menghabiskan malam, ia juga membeli beberapa macam jajanan, seperti telur gulung dan tahu gejrot.

Pedagang telur gulung Dimas Pranoto merasa senang dagangannya dibeli oleh presiden.

“Tadi beli dua cup telur gulung harga Rp15.000, totalnya Rp30.000. Tapi tadi saya dikasih uang Rp150.000,” katanya.

Presiden juga membagikan kaos berwarna hitam bergambar wajahnya dan buku kepada para pengunjung car free night.

Presiden menghampiri stan/gerai penjual temulawak di stan/gerai UMKM Pasar Malam (Night Market) Ngarsopuro, Surakarta, dan langsung tertarik membelinya.

“Iya diborong (Presiden) temulawaknya. Senang, baru kali ini bisa ngobrol tatap-tatapan dengan Pak Jokowi,” ujar pedagang temulawak bernama Uni.

Baca juga:  Prabowo Gibran Unggul Quick Count di Bali, Ini Kata Ketua DPD Golkar

Presiden yang pada kesempatan itu mengenakan jaket berwarna gelap juga dikabarkan menghampiri gerai pedagang jajanan ringan, seperti telur gulung, sosis, dan corndog.

Sasongko sang penjual corndog, mengaku bahagia karena dagangannya dibeli oleh Presiden.

“Tadi (Presiden) beli corndog, sama otak-otak Singapura. Ini (corndog) lima, sama ini (otak-otak) lima. Senang banget, Alhamdulillah. Terima kasih Pak Jokowi,” kata Sasongko.

Kepala Negara juga menghampiri stan pedagang kue bolu spekuk. “Ini kuenya buatan sendiri?” tanya Presiden kepada pedagang.

“Iya, sendiri Pak,” jawab Sri, penjual kue bolu.

Pada kunjungan kali itu, masyarakat Surakarta dikabarkan antusias menyambut Presiden. Presiden Jokowi pun mendatangi seorang pengunjung bernama Nafiah yang berteriak memanggilnya.

Baca juga:  Turun, Spending Rata-rata Wisman ke Bali

Nafiah mengaku senang dan tidak menyangka bisa berjumpa dengan Presiden Jokowi saat ingin merayakan tahun baru.

“Anakku mau (merayakan) tahun baru, terus di sini mau lihat kembang api. Eh nggak nyangka ketemu Pak Jokowi bisa minta foto. Ya Allah deg-degan aku,” ucap Nafiah antusias.

Kepala Negara juga turut memanggil salah satu masyarakat bernama Wani. Wani pun menyampaikan rasa bahagianya bisa bertemu dengan Kepala Negara.

“Senang banget, nggak nyangka, baru ini, baru ini, saya kagum, senang banget ya. (Presiden) kaya malaikat,” kata Wani.

Setelah berkeliling, Presiden Jokowi kembali ke kediamannya. Masyarakat pun menikmati indahnya pesta kembang api di Kota Surakarta. (kmb/balipost)

BAGIKAN