Personel Propam Polda Bali melakukan pengecekan di Pos Pengamanan (Pospam) Lapangan Lumintang, Denpasar Utara. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali dan jajarannya mengerahkan kekuatannya terkait perayaan tahun baru 2024. Di Bali tercatat 39 lokasi dominan objek wisata dan tempat hiburan malam (THM) yang menggelar acara tahun baru. Paling banyak lokasi di wilayah hukum Polresta Denpasar.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Rabu (27/12) menjelaskan pihaknya mendampingi Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra melaksanakan pengecekan ke Jembrana dan Buleleng. Terkait lokasi perayaan tahun baru, untuk wilayah hukum Polresta Denpasar ada 18 lokasi yaitu di Taman Kota Lumintang Denpasar, Living World, Lapangan Puputan Badung, Beachwalk, Desa Budaya Kertalangu, Trans Studio, Mall Bali Galeria, Lapangan Niti Mandala Renon, Pantai Kuta, Ground Zero, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Pandawa, Level XXI, Discovery Shopping Mall, Pantai Double Six, Uma Palak Heritage and Rice Field dan Citraland.

Baca juga:  Usai Dimarahi Orang Tua, Pelajar SMP Gantung Diri

“Kalau wilayah hukum Polres Buleleng ada empat lokasi yaitu Pantai Lacosta di Desa Temukus, Taman Bung Karno, Taman Kota dan sks Pelabuhan Buleleng. Sedangkan untuk wilayah hukum Polres Tabanan, Polres Gianyar, Polres Bangli dan Polres Jembrana masing-masing ada satu lokasi,” tegasnya.

Sedangkan untuk Polres Tabanan lokasinya di Taman Budaya Candra Bhuana, Taman Jagat Karana, Candidasa, Bukit Asah, Pura Gumang, Yeh Malet, Pantai Amed dan objek wisata Wape di Sidemen. Sementara di wilayah Polres Klungkung yakni Lapangan I Dewa Agung Jambe, area Pura Goa Lawah, Lapangan Sampalan Nusa Penida, Pantai Mahagiri Jungut Batu, Beach Club Nusa Lembongan dan Pantai Kelingking, Nusa Penida. Sementara wilayah hukum Polres Badung ada enam THM di wilayah Kuta Utara.

Baca juga:  Pelaku Korupsi Dana BKK di Songan Dilimpahkan ke Kajari

“Kalau jumlah personelnya yang tergabung dalam Operasi Lilin Agung sebanyak 1.673 personel Polri dan instansi terkait 1.904 orang,” terang mantan Kapolresta Denpasar ini.

Terkait lonjakan wisatawan ke Bali, Polda Bali dan jajarannya melakukan antisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan dan berkoordinasi pihak ASDP serta pemerintah daerah. Setiap pelabuhan seperti di Ketapang, Gilimanuk, dan Padangbai sudah disiapkan kantong parkir.

Selain itu Polda Bali juga menyiapkan personel dan membentuk Pos Pengamanan, Pos Pelayanan serta Pos Terpadu. Disamping itu mengantisipasi kemacetan, Polda Bali dan jajarannya sudah melakukan pemetaan. Nantinya akan dilakukan rekayasa lalu lintas bila terjadi kemacetan parah. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Konsep "Green Growth" untuk Pengelolaan Pariwisata Bali
BAGIKAN