SEMARAPURA, BALIPOST.com – Surat suara untuk Pemilu 2024 akan segera tiba di Kabupaten Klungkung pada 21 Desember 2023. Guna memastikan seluruh surat suara dalam keadaan aman, KPU Klungkung sudah menyiapkan tempat khusus gudang logistik di Jalan Rama, Kota Semarapura.

Komisioner KPU Klungkung Gede Suka Astreawan, Selasa 19 Desember 2023 mengatakan gudang logistik di Jalan Rama cukup representatif, digunakan untuk menurunkan logistik pemilu berupa surat suara. Untuk tahap pertama, pihaknya akan menerima surat suara untuk Pilpres sebanyak 170.667 surat suara. KPU memerlukan 100 tenaga untuk melipat surat suara Pilpres selama tiga hari.

Baca juga:  Dana Kampanye Pilkada Klungkung Maksimal Rp 13,8 Miliar

Dikatakannya, gudang ini untuk tempat pembongkaran. Jika sudah lengkap dan aman  baru digeser ke GOR Swecapura Klungkung.

Setelah proses pelipatan dan perakitan ini selesai, KPU Klungkung juga sudah merencanakan untuk proses distribusinya ke seluruh kecamatan. Khusus Kecamatan Nusa Penida, distribusi logistik akan dilakukan H-3 sebelum pelaksanaan pemilu melalui kapal roro.

Sekretaris KPU Klungkung I Putu Gde Eka Swambara, menambahkan proses pelipatan surat suara mulai dilakukan 22 Desember 2023 dengan melibatkan 100 tenaga kerja dan prosesnya ditargetkan selesai selama tiga hari.

Baca juga:  Honor Pokja KPU Klungkung Jadi Temuan BPK

Untuk surat suara lainnya, pihaknya mengaku belum tahu kapan akan dikirimkan ke Klungkung. Meski demikian, KPU Klungkung sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Jika sampai logistik surat suara lainnya datangnya terlambat, bahkan, mendekati hari H pemilu, maka tenaga dan tempat pelipatan harus ditambah sesuai kebutuhan. (Bagiarta/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN