Suasana di Desa Wisata Penglipuran. (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Pengelola Desa Wisata Penglipuran optimis Penglipuran masih menjadi destinasi favorit wisatawan saat libur natal dan tahun Baru (nataru) yang akan datang. Diperkirakan pada libur Nataru wisatawan yang berkunjung ke desa yang mendapat julukan desa terbersih di dunia itu mencapai tiga ribu orang per hari.

“Karena berkaca kunjungan tahun lalu. Kami sangat optimis Penglipuran masih jadi daya tarik wisata yang nantinya dikunjungi wisatawan mancanegara dan Nusantara,” kata General Manager Desa Wisata Penglipuran I Wayan Sumiarsa, Senin (11/12).

Baca juga:  Pramuwisata Diminta Tingkatkan Kualitas Hadapi Tren Pariwisata ke Depan

Sepanjang 2023 pihaknya menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Penglipuran sebanyak 960 ribu orang. Saat ini angka kunjungan sudah tercapai sekitar 95 persen. Kunjungan didominasi wisatawan Nusantara.

Mencegah terjadinya kekroditan dampak membludaknya kunjungan saat liburan nanti, Sumiarsa mengaku pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan menyediakan fasilitas parkir yang memadai. Pihaknya juga sudah bekerjasama dengan pecalang desa adat untuk membantu menjaga keamanan.

Baca juga:  Soal Sampradaya, PHDI dan MDA Bali Keluarkan Keputusan Bersama

Pada liburan nataru nanti pihaknya akan menyiapkan event kecil yang bisa dinikmati anak wisatawan. Antara lain pertunjukan seni budaya dan kontes Simbar. Pihaknya juga menyediakan paket wisata, dimana wisatawan bisa sekaligus menikmati makan siang di tengah hutan bambu.

Sumiarsa berharap kepada wisatawan yang berkunjung nanti agar ikut peduli dengan kebersihan lingkungan di Penglipuran. Caranya dengan membuang sampah pada tempatnya. “Sehingga desa kami tetap bersih dan wisatawan yang lain tetap bisa menikmati kebersihan di Penglipuran,” jelasnya. (Dayu Swasrina/Balipost)

Baca juga:  Jangan Hanya Andalkan Pariwisata, Pemprov Diminta Beri Anggaran Lebih untuk Sektor Pertanian
BAGIKAN