MANGUPURA, BALIPOST.com – Guna memastikan kesiapan kendaraan penumpang, khususnya bus menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) dilakukan ramp check di Terminal Tipe A Mengwi. Pengecekan kendaraan ini untuk memeriksa unsur teknis seperti lampu penerangan, pengereman, badan kendaraan, kondisi ban, perlengkapan, klakson, dan lainnya.

Pengawas Terminal Tipe A Mengwi, Ardani Nirwesti saat ditemui, Selasa (5/12) mengatakan, hasil pemeriksaan laik jalan ini dalam rangka mengoptimalkan keselamatan perjalanan selama liburan Nataru.

“Terkait kesiapan Nataru, kami ada pengujian ramp check sesuai arahan pusat dari 7 November hingga 22 Desember mendatang. Ini untuk untuk memastikan kesiapan armada transportasi umum dalam menghadapi lonjakan penumpang selama perayaan Nataru,” ungkapnya.

Baca juga:  Pandemi Sudah Berhasil Dikendalikan, RSUD Klungkung Antisipasi Pasca-Galungan dan Nataru

Menurutnya, kendaraan penumpang yang lolos ramp check akan diberikan stiker laik jalan, sedangkan untuk kendaraan yang tidak memenuhi syarat diminta untuk segera melengkapi. “Kalau sudah selesai itu, ada stikernya layak dan tidak layak,” ucapnya.

Terkait posko terpadu Nataru, kata Ardani akan didirikan menjelang Nataru. Posko ini akan melibatkan sejumlah instansi terkait, seperti kepolisian, TNI, Dishub, dan instansi terkait lainnya. “Terkait dengan persiapan Nataru akan dilakukan mulai H-10 hingga H+10 Nataru. Kami juga telah menyiapkan posko Nataru hingga 3 Januari mendatang dengan melibatkan berbagai unsur dari pihak kepolisian, TNI, dan Muspida lainnya,” katanya.

Baca juga:  Kapolda Cek Pos Nataru di Dua Lokasi Ini

Pihaknya juga mempersiapkan standar pelayanan minimal seperti keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan. “Kalau penambahan armada selama ini kami koordinasi dengan PO bus, tergantung juga lonjakan penumpang. Kalau bertambah biasanya menggunakan bus cadangan,” terangnya.

Ada pun pertumbuhan penumpang jelang Nataru, kata Ardani, rata-rata keberangkatan mencapai 67 bus dengan 1.600 penumpang dan kedatangan 55 bus dengan 1.273 penumpang. “Data ini merupakan pergerakan kendaraan di November 2023. Kalau Nataru tahun lalu 20-30 keberangkatan, kedatangan 40-50 bus,” terangnya. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Menjelang Libur Nataru, Dirjen Hubla Tegaskan Tak Ada Kenaikan Harga Tiket

Simak selengkapnya di video

 

BAGIKAN