DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam upaya meningkatkan minat baca dan literasi warga kota, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar memberikan layanan perpustakaan di tempat-tempat umum. Tahap pertama yang disasar yakni Taman Janggan, Renon.

Taman ini kini sudah dilengkapi dengan perpustakaan model kontainer yang bisa dimanfaatkan warga untuk membaca berbagai jenis buku bacaan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana, Minggu (3/12), mengatakan pihaknya ingin mendekatkan diri dengan masyarakat dalam memberikan layanan perpustakan. Dimana ada keramaian, pihaknya akan menempatkan layanan perpustakaan ini.

Baca juga:  Ada 18 Spot Wifi Gratis di Pasar Badung  

Di sisi lain, Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Sekda Ida Bagus Alit Wiradana menyambut baik program perpustakaan model ini. Pihaknya akan membangun perpustakaan di Taman Kota Lumintang.

Hanya saja, karena lahan di sana cukup luas, kemungkinan akan menggunakan pola bangunan permanen.

Sebelumnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar juga telah merancang pojok literasi di sejumlah tempat. Salah satunya di Kantor Camat Denut.

Baca juga:  Umanis Galungan, Taman Ramah Anak Ramai Dikunjungi

Pojok literasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang sedang mendapat berbagai layanan. Sambil menunggu antrian, warga bisa memanfaatkan pojok literasi ini.

Selain itu, untuk menumbuhkan minat baca, Dinas ini juga secara rutin memberikan layanan perpustakaan keliling yang menyasar sekolah di tingkat SD dan SMP.  Kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar lebih banyak membaca buku.

Kegiatan ini telah dilakukan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Selain sekolah, layanan perpustakaan keliling ini juga  menyasar tempat  umum, seperti saat car free day di Lapangan Puputan Margarana, Renon.  (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Aktivitas Penyeberangan Sanur-Nusa Penida Masih Padat
BAGIKAN