Ni Made Juniari. (BP/Istimewa)

Oleh Ni Made Juniari

Sistem pencernaan manusia dimulai dari rongga mulut dan berakhir di anus. Terdiri dari beberapa organ yaitu: mulut, kelenjar ludah, faring, esofagus, lambung, hati, empedu, pankreas, usus halus, usus besar, rektum dan anus.

Sistem pencernaan merupakan pemain kunci dalam proses mencerna makanan dan mengubahnya menjadi nutrisi dan energi bagi tubuh, hingga memisahkan makanan sisa yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Kita sering mendengar pepatah “your body is your temple”,
yang dapat diartikan apapun makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh kita adalah sesuatu yang memberikan kebaikan bagi tubuh. Namun ternyata pepatah ini hanya sebatas kata-kata.

Saluran pencernaan juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh karena dapat melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Banyak orang tidak memperhatikan kesehatan sistem pencernaan mereka, seperti makan terlalu banyak, terlalu sering, atau terlalu cepat.

Biasanya, kita cenderung tidak terlalu memperhatikan hal ini sampai tubuh mengirimkan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh kita. Ketika menjaga pola makan yang sehat, saluran pencernaan dapat membantu sistem tubuh yang lain secara alami.

Baca juga:  Bangkitnya Ekonomi Lokal

Berbagai keluhan yang sering muncul pada sistem pencernaan termasuk mual, muntah, diare, kesulitan buang air besar, perut kembung, nyeri perut, bahkan BAB berdarah. Banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini mulai dari masalah pada lambung karena asam lambung yang tinggi, atau sakit maag.

Makan tidak teratur, makan terlalu pedas atau asam yang jika tidak diatasi dapat menyebabkan perlukaan pada lambung atau usus, infeksi bakteri yang disebabkan oleh makanan yang tidak bersih, masalah pencernaan lain yang perlu dievaluasi seperti nyeri perut yang parah di beberapa area, kesulitan buang air besar, atau BAB yang tidak lancar.

Setelah mengetahui berbagai jenis keluhan yang muncul akibat gangguan pada saluran pencernaan, apa yang dapat dilakukan untuk mencegahnya? Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan saluran pencernaan. Satu slogan yang mudah diingat dan dilakukan adalah dengan melakukan “4 tepat, 3 hindari”.

Cara ini terdiri dari tujuh gaya hidup sehat yang dapat diterapkan sehari-hari. Gaya hidup “4 tepat” terdiri dari: tepat jumlah cairan tubuh, makan tepat waktu, tepat dan
tidak melupakan olahraga, serta yang terakhir adalah tepat mengonsumsi serat.

Baca juga:  Indeks Pembangunan Manusia 2021, Dua Provinsi Ini Capaiannya Sangat Tinggi

Salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan
lambung adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi air dapat membantu melunakkan kotoran dan mendorong limbah melalui sistem
pencernaan.

Untuk menjaga lambung tetap sehat, makan dengan jadwal yang teratur dapat menurunkan refluks asam lambung, yang dapat menyebabkan gejala gastritis. Makanlah tepat waktu, konsumsi camilan dan makanan
sehat secara teratur.

Olahraga teratur tidak hanya dapat memperkuat tulang dan otot tubuh saja namun juga dapat menjaga makanan tetap bergerak melalui pencernaan, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Olahraga juga dapat mempertahankan berat badan ideal yang baik untuk sistem pencernaan.

Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk lambung. Kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran adalah beberapa sumber serat yang dapat dikonsumsi.

Makanan yang mengandung banyak serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan, menghindari sembelit, dan juga membantu menjaga berat badan dalam kondisi yang sehat. Selain itu, diet tinggi serat dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, termasuk wasir.

Baca juga:  Pebalap Joan Mir Alami Gangguan Pencernaan

Pola hidup yang diterapkan pada “3 hindari” antara lain: hindari asupan rokok dan alkohol, hindari makanan berlemak dan yang terakhir hindari makanan pedas. Hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol karena keduanya dapat mengganggu sistem pencernaan dan lambung secara keseluruhan.

Selain itu, kedua kebiasaan ini juga dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius, seperti
kanker lambung. Makanan berlemak cenderung memperlambat pencernaan, yang merugikan kesehatan lambung. Sebagian orang sulit menghindari makan makanan pedas, tetapi kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pada lambung dan pencernaan.

Menjaga kesehatan pencernaan sama artinya dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saluran pencernaan yang sehat menyebabkan kesehatan dan daya tahan tubuh tetap optimal sehingga produktivitas tetap terjaga. Proses mencerna dan penyerapan nutrisi yang baik akan memberikan nutrisi yang cukup pada
seluruh organ di dalam tubuh.

Penulis, Mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

BAGIKAN