Petugas gabungan melakukan pembersihan material longsor di jalan yang menghubungkan Tegallalang dengan Keliki, Sabtu (4/11) malam. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Hujan deras dalam sehari, Sabtu (4/11) mengakibatkan terjadinya longsor di Jalan Desa Tegallalang menuju Desa Keliki, Gianyar. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN. Dibya Presasta pada Minggu (5/11) mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 20.26 WITA.

Dibya mengungkapkan tanah longsor ini menutupi badan jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Panjang longsor 30 meter dengan kedalaman  sekitar 1 meter.

Baca juga:  Berpotensi Dialami Bali, Gempa Megathrust Timbulkan Tsunami

Ia menjelaskan penyebab tanah longsor ini akibat hujan keras dalam seharian. Dipaparkannya, banyak material longsor menyebabkan petugas TRC BPBD kesulitan memindahkan material longsor secara manual sehingga menurunkan alat berat untuk mempercepat pembersihan tanah longsor.

Hadir dalam penanganan tanah longsor Kalaksa BPBD Gianyar, Kabid KL BPBD Gianyar, Dinas PUPR Gianyar, Danramil Tegallalang, Kapolsek Tegallalang, Unit Damkar Ubud, Babinkamtibnas Desa Tegallalang, Babinsa Desa Tegallalang dan Relawan Tangguh Tegallalang. “Tidak ada korban jiwa dalam longsor ini,” ujarnya.

Baca juga:  Dari Nyepi Bersamaan dengan Tarawih Hari Pertama hingga Sejumlah Kerawanan saat Nyepi

Dibya menambahkan sekitar pukul 2.50 WITA, material tanah longsor sudah selesai dibersihkan menggunakan alat berat. Setelah material tanah longsor dibersihkan, Unit Damkar Ubud melakukan penyemprotan sehingga sisa-sisa material longsor tidak membahayakan pengguna jalan. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN